preloader
Sedekah Air Adalah Sedekah yang Paling Utama

15 Jun

Sedekah Air Adalah Sedekah yang Paling Utama

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting dan tidak tergantikan oleh apapun, hal tersebut bisa dilihat dari penggunaan air di semua aspek kehidupan makhluk hidup, baik tumbuhan, hewan dan termasuk manusia. Namun, apa jadinya jika sumber air sangat sulit untuk dijangkau?

Berdasarkan informasi yang tim www.Pedooli.id peroleh Desa Rajadatu Cineam mengalami kekeringan yang menyebabkan sumber air sulit dijangkau dan bahkan membuat para warga harus berjalan berkilo-kilo meter demi seember air bersih. Salah satu warga yaitu Ejen seorang pria paruh bayah berusia 70 tahun mengungkapkan keresahannya “Sekarang sudah tua sudah capek ngangkut air pakai ember.” pungkasnya.

Sumber: Dok. Yayasan Amanah Muhsinin Peduli Umat

Jika sumber air tersisa sudah kering, keadaannya jauh lebih memprihatinkan. Akibatnya warga terpaksa mengambil air hingga ke desa sebelah yang berjarak 2-3 km atau 1 jam perjalanan dengan medan jalan batu berbukit.

Tak hanya itu, kebutuhan sumber air juga datang dari Pondok Pesantren Wihdatul Ulum. Pondok Pesantren Wihdatul Ulum berdiri pada tahun 1990 yang saat ini dikelola oleh Ustadz Amri, akses air bersih menjadi tantangan paling berat untuk para santri karena sejak pondok pesantren berdiri. 

Sumber: Dok. Pondok Pesantren Wihdatul Ulum

Masalah ini belum menemukan titik terang, bukan tak pernah ada ikhtiar untuk mengatasi kesulitan ini. Tapi, mulai dari pemasangan pipa dari sumber mata air sampai penggalian sumur manual dengan kedalaman 50 meter, belum mampu menjadi solusi fasilitas akses air bersih untuk para santri.

Menjangkau sumber mata airpun juga tak mudah bagi santri. Mereka harus membawa satu atau dua ember air bersih kembali kepondok dengan berjalan kaki melewati hutan dengan akses jalan yang tidak rata sekitar 1 kilo meter setiap harinya.

Melihat kisah di atas, Pedooli berupaya untuk menjadi jembatan bagi siapapun yang ingin bekerja sama untuk memberikan akses sumber air kepada Desa Rajadatu, Kecamatan Cineam, Tasikmalaya dan Pondok Pesantren Wihdatul Ulum. Dapat dilakukan kapan dan di mana saja bahkan dapat dimulai hanya dengan nominal Rp.10,000 di Pedooli.id yang tentunya mudah, terpercaya dan transparan pada link berikut ini:

Saad bin Ubadah bertanya, "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama ?" Rasulullah salalahu alaihi wasalam menjawab, "Memberi air (sedekah air)." (HR. Abu Daud)

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting dan tidak tergantikan oleh apapun, hal tersebut bisa dilihat dari penggunaan air di semua aspek kehidupan makhluk hidup, baik tumbuhan, hewan dan terutama manusia.

Bagikan