preloader

Campaign Tutup

Pembangunan Masjid

50%

Rp 26,690,604

Terkumpul dari Rp. 52,500,000

0 Hari

Renovasi Masjid Tembong

Berdonasi untuk merenovasi masjid usang di desa terpencil Kampung Tembong         


“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533).


Kami mengajak Anda untuk sama-sama membantu dengan berdonasi untuk merenovasi masjid di desa terpencil Kampung Tembong di Ciamis, Jawa Barat. Masjid berusia 60 tahun yang masih berdiri sampai saat ini, meski dalam kondisi yang kurang laya, melayani sekelompok umat Islam yang tinggal di daerah terpencil di dalam hutan di Kabupaten Ciamis. Ini sangat membutuhkan renovasi besar, dan Pedooli mengumpulkan dana untuk membantu membeli bahan bangunan (batu bata dan semen) yang diperlukan untuk memulai pekerjaan renovasi.


Tentang Masjid Tembong

Masjid Tembong dibangun sekitar 60 tahun yang lalu sebagai tempat ibadah bagi penduduk desa yang tinggal di Kampung Tembong, yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Ada sekitar 10 keluarga atau 30 Muslim yang tinggal di desa tersebut. Selain salat berjamaah, masjid juga berfungsi sebagai majelis ta’lim bagi orang dewasa dan madrasah bagi anak-anak untuk belajar Al-Quran.

Masjid Tembong terlihat tidak layak sebagai tempat ibadah. Dindingnya tertutup lumut, pintu kayunya sudah lapuk dan atapnya bocor. Pada musim hujan, shalat berjamaah sering dibatalkan karena ruangan dipenuhi air. Lantainya hanya semen polos tanpa ubin keramik atau karpet.

Di samping masjid ada kolam dengan air berwarna lumut, yang digunakan untuk wudhu oleh para jamaah. Tidak ada air bersih yang mengalir di masjid. Selain warnanya yang keruh, kolam juga mengeluarkan bau yang tidak sedap.  


Masjid yang membutuhkan

Meski kondisi masjid sengsara, semangat beribadah di kalangan umat Islam Kampung Tembong tetap kuat. Sebisa mungkin, mereka shalat berjamaah dan datang ke masjid untuk belajar ilmu keislaman.

Meski demikian, warga berharap bisa memperbaiki kondisi masjid. Menurut salah seorang warga, Kang Ondi, “Warga menginginkan mushola yang memadai untuk beribadah dan belajar agama. Namun, sebagian besar penduduk di sini adalah petani. Bagi kami, sulit untuk mengumpulkan dana untuk memperbaiki masjid.”

Dukung penduduk desa ini dalam upaya mereka untuk menjadi Muslim yang baik. Merombak masjid menjadi tempat yang bersih dan kondusif untuk beribadah dan belajar agama Islam. Donasi Anda yang baik akan menjadi sedekah jariyah atau kebaikan abadi dari para donatur.


Penggunaan dana

Sekitar IDR450 juta diperlukan untuk melakukan renovasi besar Masjid Tembong. Ini sudah  termasuk pembangunan kamar mandi dan area wudhu (yang saat ini tidak tersedia), penggantian dinding dan langit-langit, pemasangan ubin lantai, dan pengecatan ulang seluruh bangunan.

Melalui platform kami, kami bertujuan untuk mengumpulkan IDR52 juta untuk membeli 30.000 batu bata dan 300 karung semen, untuk membangun fondasi masjid. Sisa dana akan digalang oleh mitra kami beramaljariyah.org, sebuah organisasi nirlaba di Indonesia yang dimulai pada tahun 2020. beramaljariyah.org memiliki visi menjadi organisasi dakwah, sosial, dan kemanusiaan terkemuka yang adil dan amanah. Sejauh ini, organisasi tersebut telah mengumpulkan lebih dari IDR30 miliar dalam bentuk donasi untuk proyek-proyek sosial di Indonesia.

beramaljariyah.org akan memastikan bahwa dana tersebut digunakan dengan baik untuk membangun masjid dan akan memantau perkembangan renovasi. Mitra kami akan memberikan pembaruan rutin tentang renovasi, yang akan kami bagikan dengan semua donatur..

Info kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kampanye donasi ini, jangan ragu untuk menghubungi Pedooli di +62813-1488-1515 atau melalui email di hello@pedooli.id





Pencairan dana Rp.25,250,377

ke rekening ********436 a/n YAYASAN SAHABAT BERAMAL JARIYAH

Dana yang sudah diberikan kepada Masjid Tembong pada 25 November 2021 untuk program Renovasi Masjid di desa Kampung Tembong, Ciamis, Jawa Barat.

Semoga amal semua donatur di ridhoi Allah SWT dan sebagai amal jariyah. Aamiin

1661138855zWG69a2wpDvA8GUvxXnk3bVQXC1XsE7UxB3zIBTe.jpg
27 Nov 2021
**
Rp 10,176
24 Nov 2021
Erl*
Rp 50,542
12 Nov 2021
Dedi Kushendar
Rp 100,918
12 Nov 2021
Adjat Daradjatun
Rp 100,561
08 Nov 2021
Sri Jarwati
Rp 100,241

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah

Jl. Sindang Sirna No.38, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung
Jawa Barat 40153