preloader
9%

Rp 3,162,181

Terkumpul dari Rp. 35,000,000

22 Hari

Jaminan Sosial Ibu Hamil 2022

Mari bantu Ibu hamil pra-sejahtera di daerah Bandung Raya bersama Pedooli !

"Sesungguhnya Allah berwasiat 3x kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada ayah kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada kerabat yang paling dekat kemudian yang dekat" (HR. Ibnu Majah, shahih dengan syawahid-nya).

Indonesia masih berperang menghadapi jumlah Kematian Ibu (AKI) dan Kematian Anak dalam sepuluh tahun terakhir. Mirisnya, fakta ini diperparah dengan jumlah Kematian Ibu dan Anak yang meningkat sebanyak 746 orang pada September 2021 lalu (jurnaljabar.id.). Lantas, upaya apalagi yang bisa dilakukan untuk menekan angka kematian Ibu dan Anak ini?

TENTANG BERAMAL JARIYAH

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah merupakan lembaga filantropi yang berkedudukan di Jl. Sampurna No. 9 kota Bandung yang sudah terdaftar di Dinas Sosial dengan nomor tanda daftar KP.062.03/1928-Dinsosnangkis-IV/2020 serta terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan tanda daftar penyelenggara sistem elektronik nomor: 02486/DJAI.PSE/05/2020, untuk melakukan penggalangan dana melalui website www.beramaljariyah.org.

Program yang digulirkan oleh Sahabat Beramal Jariyah adalah mengacu pada SDGs yang ditetapkan oleh PBB yang diimplementasikan di Republik Indonesia dengan beberapa program unggulan di antaranya:

·         Mensukseskan Goal SDGs point ke-2, Mengakhiri Kelaparan dengan menggulirkan program ketahanan pangan untuk masyarakat Indonesia.

·         Mensukseskan Goal SDGs point ke-3, Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan, dengan membantu masyarakat yang kesulitan dalam biaya pengobatan melalui penggalangan.

·         Menggulirkan program penyediaan sumber air bersih dan MCK layak untuk wilayah-wilayah yang kekurangan sumber air bersih.

·         Membantu pembangunan sekolah-sekolah dan madrasah untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan lebih berkualitas bagi anak Indonesia.

·         Membantu masayarakat dalam melakukan ibadah secara lebih nyaman dengan penggalangan dana pembangunan masjid, pembagian Al-Qur’an gratis, dan perlengkapan ibadah.

TENTANG PROGRAM

Sahabat Pedooli tahu tidak? Berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh ibu hamil dari sebelum, selama, dan sesudah persalinan? Perkiraan biayanya minimal Rp5.000.000. Karena biaya persalinan tidak hanya meliputi saat melahirkannya saja. Ada USG, kontrol dokter, obat, vitamin, belum lagi jika Ibu harus caesar, hingga imunisasi anak setelahnya yang tidak hanya sekali.

Sementara, di Indonesia sendiri kemiskinan masih menjadi isu utama. Banyak masyarakat pra-sejahtera yang penghasilannya saja masih harian. Dengan jumlah penghasilan kurang dari Rp50-100rb/hari.  

Faktanya, tingginya AKI di Indonesia menempati peringkat pertama dari negara-negara di Asia Tenggara pada tahun 2017. Dalam banyak kasus, ada 77% Ibu hamil meninggal dunia di rumah sakit. Mayoritas sudah alami komplikasi berat sebelum dibawa ke RS. Kondisi ini tidak lepas dari masih banyak penduduk miskin di Indonesia. Banyak Ibu mengandung yang tidak mampu memberi asupan gizi yang baik untuk sang calon bayi. Hingga ketidakmampuan memeriksakan rutin kandungan ke dokter seperti anjuran. Faktor penyebabnya juga meliputi yang bersifat eksternal seperti tidak adanya kendaraan untuk mengangkses tempat check-up terdekat.

Sebagian berpikir untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan. Apalagi memikirkan biaya ongkos ke RS. Padahal, merujuk dari World Health Organization (WHO). Untuk mengurangi Angka Kematian Ibu ini kuncinya memperhatikan layanan kesehatan yang memadai. Layanan berkualitas yang meliputi sebelum, selama, dan setelah persalinan.

Berangkat dari kondisi dan fakta tersebut, Beramal Jariyah melahirkan sebuah program penunjang untuk Ibu hamil pra-sejahtera, bernama Jaminan Sosial Ibu Hamil Pra-Sejahtera (JASA Ibu).

Program ini diperuntukkan untuk ibu-ibu hamil dalam keterbatasan ekonomi seperti Bu Elin dan yang lainnya. Tidak hanya layanan kesehatan, JASA Ibu juga memberikan edukasi kesehatan untuk para Ibu hamil atau calon Ibu ini. Semua penerima manfaat dalam naungan JASA Ibu akan memperoleh fasilitas tersebut secara gratis. Adapun fasilitas ini meliputi:

Pelayanan Kesehatan

1.      Konsultasi Dokter

2.      Pelayanan USG

3.      Pelayanan persalinan

4.      Screening pertumbuhan dan perkembangan bayi

5.      Pemberian paket gizi Ibu hamil dan imunisasi

Edukasi Kesehatan

1.      Kelas prenatal                                                                          

2.      Senam hamil

3.      Kajian ta’lim rutin

KEBUTUHAN PROGRAM

Fasilitas di atas bisa dirasakan setiap individu ibu hamil pra-sejahtera, dengan minimal harga layanan dan edukasi per individu Rp7.000.000, Pedooli dan Beramal Jariyah mengajak Sahabat Pedooli untuk mewujudkan Program JASA Ibu untuk membiayai 5 ibu hamil pra-sejahtera total pembiayaan Rp. 35.000.000 (tiga puluh lima juta rupiah) dengan RAB sebagai berikut:

 

5 Orang Ibu x Biaya per Layanan= Rp. 35.000.000

JASA Ibu memiliki keinginan menjadi program yang mampu wujudkan ibu sehat, untuk generasi yang kuat. Sahabat Pedooli bisa mulai berdonasi mulai dari Rp.10.000 untuk bantu sukseskan lebih banyak Ibu hamil pra-sejahtera bisa menerima manfaat dari keberadaan JASA Ibu.

INFO KONTAK

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kampanye donasi ini, jangan ragu untuk menghubungi Pedooli di 0813 1488 1515 atau melalui email di hello@pedooli.id


Belum ada pembaruan

09 Aug 2022
Erlangga Wibisono Witoyo
Rp 1,727,744
09 Aug 2022
Tawfik Mahjoub
Rp 215,968
09 Aug 2022
Toraman Kamil Veli
Rp 1,079,840
09 Aug 2022
Tawfik Mahjoub
Rp 107,984
05 Aug 2022
Eka Lestari
Rp 30,645

Beramal Jariyah

Demak, dekat perbatasan Semarang
0819-9510-1000