preloader

Campaign Tutup

Pembangunan Masjid

64%

Rp 34,942,607

Terkumpul dari Rp. 54,000,000

0 Hari

Fasilitas air bersih untuk masjid

Bantu membangun fasilitas air bersih di Masjid Fatahillah, Kampung Liur                    
Dalam HR. al-Bazzar (lihat Shohihul Jami’, no. 3602), Nabi shollallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, "Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu) :

1.     Orang yang yang mengajarkan suatu ilmu,

2.     Mengalirkan sungai

3.     Menggali sumur

4.     Menanamkan kurma

5.     Membangun masjid

6.     Mewariskan mushaf atau

7.     Meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal."

Syaikh ‘Abdurrozaq bin Abdil Muhsin al-Abbad al-Badr hafidzahullah ta'ala (dalam al-Fawaaid al-Mantsuurah, hlm. 11-15, terkait amal jariyah no. 2 – Mengalirkan Sungai) mengatakan,

“Mengalirkan sungai maksudnya adalah membuat aliran-aliran sungai dari mata air dan sungai induk, supaya airnya bisa sampai ke pemukiman masyarakat serta sawah ladang mereka. Dengan demikian, manusia akan terhindar dari dahaga, tanaman tersirami, serta binatang ternak mendapatkan air minum.

Betapa pekerjaan besar ini akan menghasilkan begitu banyak kebaikan bagi manusia dengan membuat kemudahan bagi dalam mengakses air yang merupakan unsur terpenting dalam kehidupan. Semisal dengan ini yaitu mengalirkan air ke pemukiman masyarakat melalui pipa-pipa, begitu pula menyediakan tandon-tandon air di jalan-jalan dan tempat-tempat yang mereka butuhkan.”


Pedooli mengajak Anda untuk bersama-sama membantu membangun fasilitas air bersih Masjid Fatahillah Desa Liur, Desa Rana Mese, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur. Tempat wudhu bagi jamaah cukup jauh dari masjid. Untuk mencapainya, harus memasuki hutan dan melewati jalan yang dipenuhi semak belukar. Kondisi ini menyulitkan warga untuk melakukan kegiatan wudhu atau kegiatan beribadah lainnya lainnya.


Keperluan fasilitas air bersih di Masjid Fatahillah

Fasilitas di Masjid Fatahillah Liur sangat minim karena pembangunan masjid belum selesai karen kekurangan dana. Tidak ada fasilitas air bersih yang tersedia didekatnya. Hanya ada satu bola lampu di dalam masjid - tidak cukup untuk melaksanakan ibadah pada malam dan dini hari. Dan dinding dan atap masjid belum dicat. 

Tempat wudhu bagi jamaah berjarak kurang lebih 500 meter dari masjid. Untuk mencapai sumber air, jamaah harus memasuki hutan dan melewati jalan terjal yang dipenuhi semak belukar. Kondisi ini menyulitkan warga untuk mensucikan diri sebelum sholat dan ibadah lainnya. 

Kampung Liur, lokasi masjid berada, termasuk dalam kategori daerah kekurangan air. Saat musim hujan, warga hanya mengandalkan sumber air dari hujan.

Sedangkan pada musim kemarau, warga mengandalkan beberapa mata air yang jumlahnya sangat minim dengan debit air yang sangat kecil.

Warga terkadan harus antri sampai larut malam hanya untuk mendapatkan 2 ember kecil air bersih. Karena wilayah desa berada di pegunungan, setiap hari penduduk desa harus melewati jalan terjal untuk sampai ke sumber air bersih.


Jaringan listrik sudah masuk ke wilayah desa, namun penggunaannya minim untuk penerangan. Listrik di desa Liur hanya berfungsi saat musim hujan.

Dengan memanfaatkan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) di aliran sungai, generator dapat memasok listrik ke rumah-rumah penduduk desa. Saat musim kemarau tiba, warga harus memilih untuk tidak memiliki listrik karena aliran air di sungai lebih banyak digunakan untuk mengairi sawah.


Untuk itu, fasilitas air bersih di Masjid Fatahillah perlu dibangun.  Manfaatnya tidak hanya  akan dirasakan umat Islam yang menunaikan shalat, fasilitas ini juga dapat digunakan oleh warga desa lainnya untuk menampung air pada saat musim kemarau sehingga nilai manfaatnya akan jauh lebih besar.


Penggunaan dana

Mari kita bantu membangun fasilitas air bersih di Masjid Fatahillah, agar mereka bisa menyempurnakan Ibadah mereka dengan air wudhu yang bersih dan dapat diakses dengan mudahnya. Berikan donasi terbaik Anda, semoga menjadi sedekah jariyah bagi para donator sekalian. Jazaakumullahu Khairan.

Jumlah Rp54 juta yang ditargetkan untuk Masjid Fatahillah akan digunakan untuk hal-hal berikut:



Mitra Kami

Pedooli bermitra dengan beramaljariyah.org, sebuah yayasan di Indonesia yang dimulai pada tahun 2020, dalam membantu penggalangan dana untuk Masjid Fatahillah. Beramaljariyah.org memiliki visi menjadi organisasi dakwah, sosial, dan kemanusiaan terkemuka yang adil dan amanah. Sejauh ini, organisasi tersebut telah mengumpulkan lebih dari IDR30 miliar dalam bentuk donasi untuk proyek-proyek sosial di Indonesia.

Beramaljariyah.org akan memastikan bahwa dana tersebut digunakan dengan baik untuk membangun fasilitas air dan toilet di masjid. Mitra kami akan memberikan pembaruan rutin tentang renovasi, yang akan kami bagikan dengan semua donatur. Informasi lebih lanjut tentang organisasi dapat ditemukan di situs web mereka www.beramaljariyah.org.


Info Kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kampanye donasi ini, jangan ragu untuk menghubungi Pedooli.id di 0813 1488 1515 atau melalui email di hello@pedooli.id

Alhamdulillah dana donatur sudah diberikan dengan baik.

Semoga amal semua donatur di ridhoi Allah SWT dan sebagai amal jariyah. Aamiin

1657692415we9W6pVTzIgvzHobjFWcP8Pe8ZpVXVKHv06DdgOL.jpeg
09 Dec 2021
Bai**********
Rp 20,844
04 Dec 2021
Muh******************
Rp 1,055,796
04 Dec 2021
Zuh*******************
Rp 527,976
04 Dec 2021
Sar**********
Rp 2,111,407
04 Dec 2021
Day*******
Rp 2,216,912

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah

Jl. Sindang Sirna No.38, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung
Jawa Barat 40153