preloader
Sedekah Terang-Terangan atau Sedekah Sembunyi-Sembunyi?

10 Nov

Sedekah Terang-Terangan atau Sedekah Sembunyi-Sembunyi?

Alangkah indah jika kebahagiaan bisa dibagi dengan sesama, salah satunya adalah melalui sedekah. Mengulurkan dan menerima uluran tangan mereka yang membutuhkan. Salah satu pepatah yang tidak awam mengenai sedekah yaitu “tangan kanan memberi, tetapi tangan kiri tidak mengetahui” yang bermakna bahwa sedekah yang diberikan hendaknya tidak perlu diketahui oleh siapapun atau bisa disebut secara diam-diam.

Dewasa ini, justru banyak bermunculan public figure atau para pesohor yang seolah menjadikan sedekah ini sebagai bahan tontonan di media. Jika ditelisik lagi sebenarnya sedekah secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi masing-masing memiliki dampak.

Adapun sedekah secara terang-terangan dapat menjadi teladan bagi yang lainnya untuk ikut menunaikan kegiatan sedekah tersebut, juga menjadi pembuktian mengenai kondisi seseorang merasa tidak peduli dengan apapun, karena baginya, beramal adalah semata karena Allah Subhanahu wata'ala, serta menjadi ajang memperlihatkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wata'ala.

Sedangkan sedekah secara sembunyi-sembunyi bisa menjaga kehormatan demi menghindari penerima bantuan merasa terhina dalam kekurangannya, selain itu mengantisipasi timbulnya sifat iri dan dengki yang merupakan penyakit hati bagi individu lainnya, serta melindungi diri dari sifat sombong ataupun riya.

Jika berdasar pada dalil naqli, sedekah baik secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi adalah sama. Seperti yang termaktub di dalam QS. Al-Baqarah [2]: 271:

إِن تُبْدُوا۟ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا ٱلْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمْ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sesungguhnya sedekah secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi tidak bisa lepas dari perkara ikhlas dan riya’. Namun, tentu hal tersebut hanya Allah Subhanahu wata'ala dan individu itu sendiri yang mengetahui, bahkan bukan hak manusia untuk menilainya. Terlebih lagi, Allah Subhanahu wata'ala menyebutkan bahwa sedekah secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi sama-sama ada kebaikan di dalamnya, seperti yang difirmankan Allah pada ayat di atas.

Jadi, kamu tim yang mana? Sedekah terang-terangan atau sembunyi-sembunyi? 

Bagikan