preloader
Roh Materi Adalah Sedekah

23 Feb

Roh Materi Adalah Sedekah

Memiliki materi kekayaan yang berlimpah adalah impian banyak orang, bekerja keras dan mengembangkan potensi diri adalah cara positif dalam mendapatkannya. Tidak jarang bahkan sebagian orang justru memilih cara yang negatif untuk memiliki materi berupa harta yang berlimpah.

Ternyata materi yang kita miliki itu harus diberikan benteng untuk menghindari, hal ini disebutkan dalam sebuah hadist yang artinya Buatlah benteng akan harta kalian dengan mengeluarkan Zakat, dan obatilah orang yg sakit di antara kamu dengan sadaqah,  dan persiapkan untuk menalak bala’ dengan berdo’a(HR. Abu Dawud).

Dalam tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Adzim bahwa Ali bin Abi Thalib salah satu sahabat Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam yang juga merupakan Khalifah keempat, sekaligus menantu dari Rasulullah berpesan:

باكروا بالصدقة فان البلاء لا يتخطاها 

Artinya: “Segeralah bersedekah! Sungguhlah, musibah tidak dapat melangkahinya”

Selain itu, Ustadz Abdul Adzim juga menyebutkan fadilah dari bersedekah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Panjang umur

  2. Menghilangkan sifat takabur dan fakir

  3. Rejeki bertambah

  4. Terhindar dari musibah

  5. Terhindar dari mati terpuruk

  6. Menjadi penutup api neraka

  7. Melebur dosa

  8. Menjaga di alam barzah

Al-Qur’an juga memuji orang-orang yang bersedekah, termaktub dalam Firman Allah pada QS. Al-Hadid ayat 18:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS. Al Hadid: 18)

Tak hanya itu, di dalam Al-Qur’an juga disebutkan bahwa “Sedekahlah sebelum Menyesal” yang termaktub dalam Firman Allah sebagai berikut:

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: "Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, "Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun: 10).

Sedekah merupakan roh dari materi, saat ini sedekah bisa dilakukan kapan dan di mana saja dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, bahkan bersedekah bisa dilakukan mulai dari nominal Rp. 10.000 saja. Sedekah yang mudah, terpercaya dan transparan bisa dilakukan di Pedooli.id

Pedooli.id hingga saat ini terus bekerja sama dengan berbagai Mitra Pedooli dalam menjembatani Anda untuk menyisihkan harta yang di dalamnya terdapat hak saudara-saudara kita yang membutuhkan, melalui berbagai campaign yang tersedia di https://pedooli.id/campaign 


Bagikan