preloader
Perbedaan Donasi dan Donatur

22 Dec

Perbedaan Donasi dan Donatur

Sebagai manusia kita wajib berbuat baik atau bersedekah terhadap orang yang membutuhkan melalui platform donasi.

Seperti donasi panti asuhan, donasi pendidikan dan beberapa donasi lain yang bisa kita berikan kepada mereka yang kurang mampu.

Donasi atau sumbangan biasanya bisa diberikan secara individu atau berkelompok melalui platform tertentu.

Beberapa orang lebih senang untuk melakukan donasi pada platform resmi yang memiliki legalitas sehingga dana yang terkumpul bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.


Platform Donasi di Indonesia yang Terpercaya

Donasi atau yang sering kita sebut dengan sumbangan adalah suatu bentuk kewajiban manusia memberi dalam bentuk santunan yang bertujuan untuk memberikan bantuan pada orang tertentu. Sedangkan kita sebagai pemberi disebut dengan donatur yang bisa dibagi menjadi donatur individu dan donatur kelompok.

Pada dasarnya donasi diberikan sesuai dengan kemampuan kita dan alangkah lebih baik jika kita mengumpulkan terlebih dahulu sebelum disalurkan ke pihak yang membutuhkan. Oleh sebab itu kita membutuhkan platform yang terpercaya untuk mengumpulkan dan menyalurkan donasi.

Memilih platform donasi haruslah bisa dipercaya dan amanah sebab mereka memegang titipan dari jutaan masyarakat yang ingin berdonasi kepada orang yang membutuhkan. Platform yang amanah akan membantu kita menyalurkan dana sumbangan dengan cepat dan tepat.

Mereka telah memiliki target yang sesuai dan bisa menyalurkan dana sesuai dengan waktu yang sudah mereka tetapkan.Salah satu platform pengumpul donasi adalah Pedooli.id dimana mereka adalah platform resmi yang akan mengumpulkan donasi dari masyarakat dan menyalurkannya pada orang yang tepat.

Saat ini banyak cara canggih untuk melakukan donasi, bahkan dana yang kita sumbangkan bisa tersalurkan dengan tepat dengan platform resmi ini. Kita bisa melakukan sumbangan online dan dikumpulkan pada platform resmi dan biarkan mereka menyalurkan kepada orang yang membutuhkan.

Mereka akan membuat campaign dengan tujuan penerima donasi yang berbeda-beda. Kita juga bisa memilih campaign mana yang ingin kita donasikan sebagian penghasilan kita.Tentu saja semua campaign yang mereka buat adalah campaign resmi yang bisa kita minta pertanggung jawabannya.

Sebagai donatur tentu saja kita ingin dana yang disumbangkan akan sampai pada orang yang tepat. Sehingga memilih platform resmi donasi yang terpercaya dan amanah adalah langkah yang paling tepat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.


Jenis-Jenis Donasi Online di Indonesia

Setelah kita membahas perbedaan donasi dan donatur, saatnya kia mengetahui beberapa jenis atau macam-macam donasi yang umumnya bisa dilakukan di Indonesia.

Kami akan memberikan beberapa jenis donasi yang memiliki tujuan masing-masing.

Di Indonesia banyak orang yang membantu masyarakat kurang beruntung seperti terkena bencana alam atau sebagainya.

Tapi ada beberapa jenis donasi yang harus kamu ketahui agar kamu bisa memahami siapa penerima yang tepat dari donasi yang sudah kamu berikan.

Berikut beberapa jenis donasi yang ada di Indonesia:

1.     Donasi Sosial

Donasi sosial adalah jenis donasi yang paling umum ditemui di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Donasi sosial yang paling banyak menyita perhatian masyarakat karena bertujuan untuk membantu orang-orang kurang mampu.

Seperti Pedooli.id yang membuat campaign mencari donatur untuk masyarakat yang membutuhkan contohnya seperti orang yang mengidap penyakit kronis dan membutuhkan biaya berobat yang sangat besar.

Selain itu donasi pembangunan masjid juga menjadi salah satu jenis donasi sosial yang umum di masyarakat.

Biasanya ada pihak legal yang mengadakan campaign untuk mencari donatur pembangunan masjid.

Campaign ini akan disebar di platform resmi mereka baik secara online atau offline.

Tujuannya adalah mencari donatur dan siapa pun bisa menjadi donatur dengan menyumbangkan sedikit penghasilannya.

Donasi sosial paling mudah ditemukan di Indonesia karena masih banyak orang yang membutuhkan bantuan kita diluar sana.

Jadi kamu harus menemukan platform untuk donasi yang resmi dan legal.

Karena mereka akan membuat campaign resmi dan bisa dipertanggung jawabkan.

Terutama dalam hal penyerahan hasil donasi yang harus tersampaikan pada pihak yang membutuhkan.

Seperti Pedooli.id yang memiliki rekening resmi dan menyalurkan donasi yang sudah terkumpul pada pihak yang dituju.

Jadi kamu tidak perlu khawatir tertipu donasi secara online karena saat ini banyak platform resmi yang bisa membantu kamu menjadi orang baik.

Donasi sosial tidak mewajibkan kamu bersedekah dalam jumlah yang banyak.

Seberapa pun uang yang kamu miliki akan dikumpulkan dengan lainnya maka jumlahnya bisa sangat banyak dan meringankan beban dari orang yang membutuhkan.

2.     Donasi Bencana Alam

Indonesia sering kali dilanda musibah bencana alam mulai dari gunung meletus, banjir, tanah longsor dan tsunami.

Dengan banyaknya musibah bencana alam yang ada di Indonesia berhasil menggerakkan hati masyarakat untuk membentuk platform resmi untuk berdonasi.

Tujuan platform ini adalah menjadi wadah berkumpulnya donasi dari seluruh masyarakat Indonesia yang ingin membantu saudara kita yang terkena musibah.

Donasi bencana alam ini bertujuan untuk membantu para korban di pengungsian atau korban yang dirugikan atas terjadinya bencana alam.

Karena bencana alam bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah bahkan sampai memakan korban jiwa.

Program donasi bencana alam biasanya diadakan oleh Pedooli.id ketika Indonesia sedang dilanda musibah bencana alam.

Bantuan yang diberikan tidak hanya berbentuk uang, melainkan mereka akan membelanjakan hasil donasi yang terkumpul menjadi kebutuhan utama para korban bencana alam.

Seperti makanan, obat-obatan, pakaian dan lainnya.

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita tergerak hatinya ketika mendengar saudara kita terkena musibah bahkan kehilangan anggota keluarganya.

Kadang yang menjadi masalah adalah ketika kita ingin membantu mereka namun kita tidak tahu harus transfer kemana atau mengirimkan bantuan lewat mana.

Jadi dengan adanya Pedooli, kamu bisa membantu saudara kita yang terkena musibah hanya lewat handphone saja.

Kamu tidak perlu takut dan bingung jika uang yang kamu donasikan tidak akan disalurkan kepada mereka.

Pedooli telah menjadi platform resmi yang memiliki legalitas dan dipercaya memegang jutaan donasi dari masyarakat Indonesia.

Karena mereka akan menyalurkan bantuan kepada saudara kita melalui berbagai cara seperti bantuan uang, makanan, pakaian dan lainnya.

Kita cukup transfer sejumlah uang yang ingin didonasikan, selanjutnya mereka akan terus mengabarkan berapa jumlah uang yang terkumpul.

Kamu pun bisa melihat kegiatan mereka saat menyalurkan bantuan karena mereka akan terus update secara real time semua uang donasi yang masuk ke rekening Pedooli.

3.     Donasi Korban Perang

Donasi ini bertujuan untuk membantu korban perang yang meninggal, luka-luka atau kehilangan tempat tinggalnya karena adanya peperangan antar suku, desa, kota atau lainnya.

Umumnya jenis donasi ini dijalankan oleh organisasi kemanusiaan yang memiliki kepedulian terhadap warga sipil yang menjadi korban.

Meskipun di Indonesia sendiri sudah tidak terjadi peperangan, namun kita bisa membantu saudara kita di luar negeri yang menjadi korban peperangan.

Contohnya penggalangan donasi untuk warga Palestina yang beberapa waktu belakangan ini menyita perhatian dunia termasuk masyarakat Indonesia.

Kita tetap bisa membantu mereka melalui Pedooli.id yang akan mengumpulkan donasi dan menyalurkannya pada saudara kita yang berada di Palestina.

Bantuan yang disalurkan dapat berupa pakaian, makanan, obat-obatan, biaya pendidikan bahkan tempat tinggal.

Untuk melakukan donasi kepada korban perang, kamu perlu mencari platform amanah dan terpercaya.

Karena kita akan membantu saudara kita yang jauh di luar negeri dan membutuhkan platform resmi yang bisa menyalurkan uang donasi kita secara transparan.

Carilah platform untuk donasi yang transparan dan amanah untuk mengumpulkan dan menyalurkan semua donasi yang terkumpul.

4.     Donasi Karya

Jenis donasi yang umum ditemui di Indonesia adalah donasi karya.

Donasi karya ini berbeda dengan ketiga donasi diatas karena biasanya dilakukan oleh perorangan atau komunitas tertentu yang memiliki karya tapi tidak memiliki dana.

Mereka biasanya akan mencari investor atau donatur yang menjadi sponsor dari karya mereka.

Kelompok ini akan membuat kampanye yang bertujuan menarik minat calon donatur agar mau menjadi donatur sementara atau memiliki andil dalam membangun sebuah karya dari seseorang.

Program yang dibutuhkan yaitu untuk membantu mengelola donasi mulai dari wanita, anak-anak, korban bencana alam dan donasi karya.

Pedooli.id juga memiliki program yang sama dan kamu bisa menjadi salah satu donatur jika ingin memberikan dukungan pada karya tertentu.

5.     Donasi Yayasan

Donasi yayasan hampir memiliki tujuan yang sama dengan donasi sosial yaitu membantu orang-orang yang kurang beruntung.

Biasanya donasi yayasan bertujuan untuk membantu anak-anak panti asuhan, anak-anak berkebutuhan khusus dan sebagainya.

Donasi panti asuhan menjadi salah satu donasi yang umumnya dilakukan secara perorangan atau kelompok.

Pedooli.id juga memiliki program donasi kepada panti asuhan.

Mereka membuat campaign untuk mencari donatur yang bersedia untuk membantu anak-anak di panti asuhan yang membutuhkan uluran tangan kita.

Bantuan yang diberikan akan berupa biaya pendidikan, biaya kesehatan, makanan dan sebagainya.

Kamu tidak perlu menunggu jadi sultan untuk membantu adik-adik kita di panti asuhan, cukup sedekahkan sedikit dari penghasilanmu dan itu akan berarti untuk mereka.

Semua donasi yang terkumpul akan selalu di update secara berkala dan disalurkan kepada pihak yang tertuju.

Mereka akan memberikan transparansi dana yang sudah terkumpul dan dialokasikan untuk berbagai macam keperluan panti asuhan.

Kamu tidak perlu khawatir jika uang donasi yang kamu berikan tidak akan tersalurkan dengan semestinya.

Pedooli akan terus memberikan kabar terbaru terkait jumlah donasi dan penyaluran donasi, sehingga kamu bisa tetap memantau secara real time.

Kamu membutuhkan platform resmi untuk berdonasi yang memiliki legalitas dan amanah.

Sebab kamu ingin menjalani salah satu kewajiban umat manusia yaitu menolong orang yang kurang beruntung.

Selain beberapa jenis donasi diatas, ada juga donasi Al Quran yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Donasi ini terkait dengan donasi sosial misalnya untuk pembangunan masjid.

Al-Quran juga dibutuhkan oleh beberapa yayasan atau sekolah, sehingga Pedooli.id memiliki program donasi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kamu bisa menyumbangkan dalam bentuk uang atau Al-Quran dan mereka siap mendistribusikan Al-Quran kepada masyarakat yang kekurangan.

Setelah kita mengetahui jenis donasi yang ada di Indonesia, selanjutnya kami akan memberikan tips untuk berdonasi dan mencari platform yang tepat.

Mengingat saat ini teknologi semakin canggih, kamu tidak perlu bingung untuk melakukan donasi.


Tips Mencari Platform Donasi Indonesia

Untuk mencari platform resmi donasi, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Karena ini menyangkut kebutuhan manusia dan kewajiban kita sebagai manusia untuk membantu saudara kita yang membutuhkan

Berikut ini beberapa tips untuk mencari platform agar donasimu bisa tersalurkan dengan semestinya:

1.     Amanah

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam mencari platform untuk donasi adalah amanah. Carilah platform yang amanah yaitu bisa menyampaikan atau menyalurkan donasi pada pihak yang semestinya. Kita bisa melihat platform tersebut dari seberapa besar jangkauan mereka.

Selain itu untuk melihat apakah mereka amanah atau tidak, kita bisa melihat apakah mereka terus memberi informasi update terkait dana sumbangan. Salah satunya adalah Pedooli.id yang terus memberikan transparansi data terkait jumlah donasi yang diterima serta penyaluran donasi yang tepat.

Meskipun donasi yang tersalurkan tidak hanya berbentuk uang, Pedooli tetap member informasi terkait dana donasi yang dialokasikan ke kebutuhan lain. Misalnya dana yang terkumpul diubah menjadi biaya pendidikan, kesehatan, makanan atau obat-obatan.

Platform resmi yang amanah akan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menjadi tujuan campaign mereka.

2.     Bisa Membuat Campaign Sendiri

Ketika zaman semakin canggih, kita pun bisa memanfaatkan untuk tujuan kebaikan.

Kita juga bisa menggalang dana untuk donasi atau kepentingan tertentu yang memang bisa dipertanggung jawabkan.

Pedooli.id mendukung campaign yang kamu buat sendiri untuk tujuan masing-masing.

Misalnya kamu ingin membantu pembangunan air bersih di suatu daerah, maka kamu bisa membuat campaign Donasi Air Bersih.

Pedooli akan menyetujui campaign kamu dengan pengecekan terlebih dahulu.

Dengan adanya fitur untuk membuat campaign, maka kamu bisa membantu orang-orang yang membutuhkan dengan inisiatifmu sendiri tanpa menunggu orang lain.

Kamu bisa menjadi sumber inspirasi karena menyelenggarakan donasi untuk masyarakat yang kekurangan.

Nantinya semua donatur yang berpartisipasi dalam campaign kamu akan mendapatkan update informasi dari Pedooli terkait donasi yang sudah kamu laksanakan.

3.     Transparan

Menjadi donatur atau membuka donasi tentu harus transparan karena hal ini menyangkut amanah dari banyak orang yang ingin berbuat baik. Pedooli.id menjadi platform berdonasi yang transparan karena mereka terus memberikan update secara real time terkait jumlah donasi yang masuk ke rekening mereka.

Selain itu dana yang akan dibagikan kepada masyarakat yang dituju, akan di rinci terkait kebutuhan apa saja yang harus dibeli. Hal ini membuat Pedooli.id terus memberikan informasi terkini terkait jumlah dana dan alokasi dana sehingga sebagai donatur, kita bisa bernafas lega karena uang sumbangan bisa tersalurkan dengan semestinya.

Kita bisa melihat jumlah uang donasi yang terkumpul dan sistem penyaluran donasi yang sudah dilakukan. Mencari platform untuk donasi tentu tidak bisa asal pilih karena hal ini menyangkut kepentingan banyak orang.

Kamu perlu mencari platform resmi yang memiliki legalitas dan beberapa syarat yang sudah dijabarkan diatas. Hal yang paling penting adalah platform tersebut bisa transparan dan amanah dalam menyalurkan dana donasi yang sudah dikumpulkan dari masyarakat Indonesia.

Sebagai sesama manusia tentu kita ingin membantu saudara kita yang sedang kesulitan. Tidak perlu menunggu kita menjadi kaya raya untuk membantu mereka. Pedooli.id menjadi platform sedekah online yang akan membantu saudara kita yang kesusahan dengan uluran tangan kita semua.  


Bagikan