preloader
Penyaluran Manfaat untuk Asrama-asrama Domyadhu dari Penghimpunan Sedekah Sahabat Pedooli

06 Jul

Penyaluran Manfaat untuk Asrama-asrama Domyadhu dari Penghimpunan Sedekah Sahabat Pedooli

"Tentang dunia dan akhirat. Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!” Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia datangkan kesulitan kepadamu. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS. Al-Baqarah : 220)

Tercatat di tahun 2021 terdapat kurang lebih 4 juta anak yatim di Indonesia. Dari keseluruhannya baru 2% anak yatim yang telah diasuh oleh lembaga sosial. Padahal Allah menjelaskan di ayat di atas bahwa dengan memperbaiki keadaan anak yatim maka sama dengan memakmurkan bumi. Karena anak yatim adalah individu yang akan menjadi generasi penerus. Bangsa ini tidak akan menjadi bangsa yang maju jika kondisi anak yatim nya masih dipandang sebelah mata.

Karena itu, dalam pelaksanaannya Domyadhu lebih berfokus kepada anak yatim dan dhuafa. Saat ini ada lebih dari 500 anak yatim dan dhuafa yang telah menerima manfaat dari program yang digulirkan oleh Domyadhu. Setiap program bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup anak asuh di asrama meliputi kebutuhan pangan, pakaian, biaya pendidikan, serta biaya operasional asrama.

Saat ini Dompet Yatim dan Dhuafa (Domyadhu) telah memiliki 22 asrama asuh serta 2 kantor pelayanan yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Asrama yang mereka miliki merupakan asrama yang dibangun untuk merawat anak-anak yang belum mukallaf (belum mampu mandiri) namun telah terputus nafkah dari keluarganya.

 

Anak-anak Yatim dan Dhuafa yang dialirkan manfaat oleh Domyadhu

 

Melalui berbagai macam program yang dilaksanakan, Domyadhu berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada anak Yatim dan Dhuafa yang diasuh agar mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Program yang telah berjalan diantaranya adalah untuk memberikan asupan makan yang baik, pendidikan yang layak, serta kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Sehingga kelak mereka bisa menjadi generasi yang mandiri, terampil, religius, serta berguna bagi nusa bangsa.

Sudah lebih dari 10 tahun Domyadhu berusaha untuk terus memberikan penghidupan yang layak bagi para yatim dan dhuafa serta pelayanan sosial kepada mereka yang membutuhkan. Tidak sedikit masalah yang dihadapi untuk tetap konsisten dalam menjalankan amanah ini. Namun Domyadhu selalu percaya bahwa Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya yang sedang menolong saudaranya yang lain.

Demi menjalankan amanah untuk terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak yatim, dhuafa serta masyarakat pada umumnya, Pedooli bersama dengan Sahabat Pedooli juga ingin ikut andil membantu sesama dengan berperan aktif dalam menunaikan 2,5% kewajiban zakat. Penggalangan dana tersebut ditayangkan di website Pedooli pada Selasa (08/02) hingga Kamis (31/03) di link https://pedooli.id/campaign/bantuan-anak-yatim-domyadhu-penghafal-quran-jtrkcgvb#campaign-description. Dana yang terhimpun berjumlah Rp 4,847,774 dan telah ditransfer langsung ke Dompet Yatim dan Dhuafa. 

Minggu (19/6) Domyadhu melakukan penyaluran manfaat melalui dana yang terhimpun dari website Pedooli atas bantuan Para Sahabat Pedooli, manfaat tersebut berupa pembiayaan operasional listrik di berbagai asrama Domyadhu, mengingat saat itu pembiayaan listrik menjadi urgensi bagi asrama-asrama di Domyadhu.

Salah satu penerima manfaat yaitu Azka mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Sahabat Pedooli “Alhmadulillah. Terima kasih Sahabat Pedooli. Senang rasanya selalu ada yang membantu lagi.”

Hal serupa juga disampaikan oleh penerima manfaat “Alhmadulillah. Terima kasih banyak Sahabat Pedooli. Mudah-mudahan jadi kebaikan lebih buat semuanya” ungkap Ages.

Di antara asrama-asrama Domyadhu yang disalurkan pembiayaan listrik dari dana yang terhimpun oleh Sahabat Pedooli adalah:

  1. Asrama Jatimurni Juni 2022

  2. Asrama Ratna Juni 2022

  3. Asrama Jatiasih Juni 2022

  4. Asrama Bintaro Juni 2022

  5. Asrama Jati Makmur Juni 2022

  6. Asrama Lebak Bulus Juni 2022

  7. Asrama Hankam Juni 2022

  8. Asrama Meruyung Juni 2022

  9. Asrama Beji Juni 2022

Bagikan