preloader
Pengalaman Puasa 5 Artis Non Muslim, Ternyata Puasa Memiliki Manfaat Berlimpah!

20 Apr

Pengalaman Puasa 5 Artis Non Muslim, Ternyata Puasa Memiliki Manfaat Berlimpah!

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah serta banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan menunaikan ibadah puasa selama Bulan Ramadan. Dengan berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh tersebut dapat menjadi dorongan bagi umat muslim untuk semangat menunaikan ibadah puasa bahkan terdapat beberapa artis atau public figure yang beragama non-muslim ikut melaksanakan puasa, di antaranya:

  1. Gisella Anastasia, ia menyampaikan bahwa sempat melaksanakan puasa serta mengajak anaknya yakni Gempita Nora Marten dengan tujuan untuk mengajar toleransi terhadap agama lain kepada sang anak.

  2. Haruka Nakagawa, Haruka menyatakan pernah ikut melaksanakan puasa dengan tujuan untuk toleransi terhadap agama lain serta melakukan diet untuk menjaga kesehatan tubuh

  3. Olivia Jensen, public figure yang satu ini menyampaikan bahwa ia pernah melaksanakan puasa untuk menghormati rekan-rekannya yang melaksanakan ibadah puasa

  4. Amanda Manopo, ia mengaku pernah mengikuti puasa ketika sedang melaksanakan kegiatan syuting bahkan membantu untuk menyiapkan hidangan sahur serta berbuka puasa untuk rekan-rekannya

  5. Brisia Jodie, Jodie pernah mengikuti puasa karena menghormati teman-temannya yang sebagian besar beragama muslim dan menjalankan ibadah puasa

Ternyata tak hanya umat muslim, namun juga ada beberapa non muslim yang turut berpuasa dengan berbagai manfaat yang ingin didapatkan. Dalam agama Islam sendiri disebutkan manfaat puasa yakni sebagai berikut.

Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam bersabda, Berpuasalah niscaya kalian akan sehat" (HR. Al-Thabrani).  Para ulama juga mengungkapkan bahwa puasa memiliki berbagai manfaat seperti dapat meningkatkan kualitas iman, menghapus dosa atau kesalahan yang telah diperbuat, mengendalikan syahwat, menyempurnakan ketaatan, meningkatkan rasa syukur, serta dapat membantu menghindari diri dari perilaku maksiat.

Tak hanya itu dengan berpuasa maka dosa-dosa terdahulu akan dihapuskan. Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalam bersabda “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu,” (HR. Bukhari). 

Dengan melaksanakan ibadah puasa selama Bulan Ramadan, Insya Allah kita akan menjadi orang yang dermawan baik dalam kondisi susah atau senang, menjadi orang yang mampu menahan amarah serta menjadi pemaaf. Firman Allah Subhanahu wata'ala Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah (2:183)).


Bagikan