preloader
Pedooli Donasi Pembangunan Masjid

22 Dec

Pedooli Donasi Pembangunan Masjid

Penggalangan dana merupakan hal yang sangat lazim terdengar. Metode tersebut biasa digunakan setiap ada acara yang perlu dibiayai atau dalam melaksanakan kegiatan tertentu. Begitu juga dalam donasi pembangunan masjid. Penggalangan dana untuk pembangunan masjid memang hal yang lumrah.

Masjid menjadi tempat umum yang tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, tapi juga dijadikan sebagai tempat mengaji atau bahkan sekedar beristirahat bagi yang sedang melaksanakan perjalanan jauh. Karena itu, siapa saja berkesempatan untuk ikut serta dalam donasi pembangunan masjid.


Pedooli.id Donasi Pembangunan Masjid

Di era digital seperti sekarang sangatlah mudah melakukan donasi. Siapa saja bisa menjadi donatur dengan cara online lewat lembaga penggalangan donasi online. Begitu juga bagi yang ingin berdonasi untuk pembangunan masjid bisa lewat salah satu lembaga penggalangan donasi online.

Salah satu lembaga terpercaya yang bisa Anda kunjungi untuk berdonasi adalah Pedooli.id. Lembaga satu ini memberikan akses yang sangat mudah bagi siapa saja yang ingin bersedekah kapan saja dan di mana saja. Karena sifatnya yang online, siapa saja bisa berdonasi secara praktis namun tetap aman.

Cara bersedekah hanya dengan melakukan registrasi sehingga memiliki akun Pedooli. Setelah itu, pilih fitur “Bersedekah” dan pilih kampanye yang ingin didonasikan. Contohnya donasi pembangunan masjid tertentu.

Bagi Anda yang ragu akan keamanan donasi, Pedooli menjadi platform dengan dedikasi tinggi membantu menyalurkan bantuan para donatur secara tepat sasaran. Bantuan akan melalui proses verifikasi dan monitoring secara transparan sehingga para donatur bisa memantaunya.

Pedooli pun melakukan kerja sama dengan mitra terpercaya. Dana yang didonasikan juga dipastikan akan digunakan sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan. Jadi tidak ada dana yang lebih atau kurang setelah didonasikan

Selain memberikan akses bagi para donatur untuk berdonasi secara online, Pedooli juga memberikan akses secara mudah bagi siapa saja yang tengah membutuhkan bantuan proyek. Cara untuk memulai kampanye juga sangat mudah.

Jika ingin memulai kampanye, jangan lupa untuk mengunjungi web Pedooli.id dan buat akun dengan melakukan registrasi. Setelah itu, cari fitur “Ajukan Kampanye” dan isi informasi tentang proyek sosial yang ingin dibiayai dan juga isi identitas. Setelah itu, ajukan kampanye sehingga nanti bisa segera dibiayai.

Jika Anda tengah menggalang donasi untuk pembangunan masjid, donasi online jadi salah satu cara terbaik. Meski begitu, masih ada berbagai ide bentuk penggalangan dana pembangunan masjid.


Berbagai Ide Penggalangan Donasi Pembangunan Masjid

Kalau Anda pernah melewati masjid yang tengah dibangun, biasanya akan ada spanduk mengenai donasi. Bahkan ada juga yang menggelar acara tertentu dengan tujuan mengumpulkan dana pembangunan.

Memang ada banyak ide penggalangan dana untuk pembangunan masjid. Anda juga harus kreatif agar dana yang terkumpul sesuai dengan anggaran yang dibutuhkan. Agar Anda bisa memiliki bayangan, berikut ini ide yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Kotak Amal Masjid

Kotak amal atau ada juga yang menyebutnya kencleng merupakan benda yang wajib ada di masjid. Kotak amal dijadikan sebagai wadah untuk menampung sedekah dari para jamaah masjid. Sedekah yang terkumpul bisa digunakan untuk banyak tujuan yang berkaitan dengan masjid.

Hasil sedekah tersebut bisa digunakan untuk kebersihan masjid, membayar tagihan listrik, air, insentif marbot, dana untuk acara keagamaan di masjid, dan masih banyak lagi.

Hasil sedekah dari kotak amal juga bisa untuk biaya pembangunan atau renovasi masjid. Meski begitu, kotak amal biasanya hanya digunakan untuk kegiatan yang sifatnya rutin. Sedangkan pembangunan membutuhkan biaya besar.

Jika mengandalkan kotak amal maka akan memakan waktu yang sangat lama. Karena itu, cara satu ini sebenarnya kurang efektif. Kecuali memang pembangunan direncanakan jauh-jauh hari atau untuk beberapa tahun ke depan.

2. Patungan Jamaah

Siapa lagi kalau bukan jamaahnya sendiri yang hatinya terikat dengan masjid. Jamaah pasti tahu mengenai kondisi masjid dan paham mengenai urgensi kebutuhannya. Tentu saja mereka jadi orang pertama yang sangat diandalkan untuk memberikan donasi pembangunan masjid.

Anda bisa mengumpulkan para jamaah dan mengumumkan hendak mengadakan pembangunan masjid sehingga membutuhkan donasi dari para jamaah. Meski begitu, kemampuan finansial dari para jamaah jelas berbeda-beda.

Contohnya dana dari para jamaah masjid di perkotaan bisa lebih mudah dikumpulkan karena kebanyakan merupakan jamaah dengan finansial berkecukupan atau bahkan lebih. Sedangkan jamaah yang letaknya ada di pelosok mungkin akan sulit karena keadaan ekonomi yang pas-pasan sehingga sulit untuk membantu dana pembangunan masjid.

3. Membuat Spanduk / Poster

Membuat spanduk sebagai penyalur informasi kepada warga atau jamaah masjid juga tidak ada salahnya. Spanduk harus berisi informasi mengenai rencana pembangunan masjid dengan membuka donasi dan cara berdonasi. Informasi yang diberikan harus mudah dimengerti.

Spanduk mengenai pembangunan masjid bisa dipasang di sekitar area masjid. Bisa juga dipasang di jalan raya sehingga banyak orang yang bisa melihatnya. Semakin mudah terlihat maka akan semakin banyak yang tertarik untuk berdonasi.

Selain membuat spanduk, poster juga jadi alternatifnya. Poster bisa dibuat semenarik mungkin dengan informasi yang tidak jauh berbeda dari spanduk. Tempelkan poster di tempat yang memang sering ada keramaian. Bisa juga memasang poster di papan informasi warga.

4. Membuka Booth di Keramaian

Dalam sebuah acara lazimnya terdapat kepanitiaan di dalamnya. Begitu juga dengan acara pembangunan masjid biasanya terdapat susunan panitia. Panitia tersebut bisa berikhtiar melakukan penggalangan dana dengan cara membuka booth di tengah keramaian, contohnya seperti di tempat wisata atau mall.

Cara satu ini memang mengharuskan Anda untuk lebih proaktif dalam memberikan penawaran ke setiap pengunjung. Tenaga ekstra sangat dibutuhkan jika dibandingkan dengan cara sebelumnya. Meski begitu, cara satu ini bisa mendatangkan dana sumbangan yang cukup besar dan bahkan bisa menutupi kekurangan anggaran pembangunan.

Sebelum membuka booth, Anda harus membuat booth itu sendiri. Buatlah secara unik, dan bila perlu berikan informasi berupa tulisan pada booth sehingga orang bisa mengetahui dari kejauhan. Bila perlu tambahkan hal-hal unik agar orang lebih tertarik untuk berdonasi.

5. Konser Musik Amal

Siapa yang tidak suka dengan hiburan berupa konser musik? Pasti banyak orang yang menyukainya dan dengan menyelenggarakan konser musik akan menarik minat banyak orang untuk menontonnya. Konser tersebut juga bisa disertai dengan amal sehingga menjadi nilai tambah.

Dalam menggelar konser yang tepat saat menggalang dana untuk pembangunan masjid adalah dengan mengundang nasyid atau penyanyi religi. Hal tersebut sangat tepat untuk pembangunan masjid yang memang menjadi tempat ibadah.

Meski begitu, menggelar konser musik amal juga membutuhkan biaya pengeluaran yang jumlahnya tidak sedikit. Biaya pengeluaran yang dibutuhkan adalah untuk menyewa tempat atau venue, membayar artis, sound system, konsumsi, dan lain sebagainya.

Hasil akhirnya memang bisa menghasilkan dana yang sangat banyak jumlahnya untuk pembangunan. Tapi modal yang harus dikeluarkan di awal juga tidak sedikit jumlahnya. Jadi lakukan persiapan secara matang terlebih dulu sebelum menggelar konser musik amal tersebut.

6. Endorse

Endorse jadi hal yang sangat sering dijumpai sekarang ini. Endorse biasanya dilakukan oleh para selebgram atau artis dalam mempromosikan atau mengampanyekan sesuatu. Bisa berupa produk atau event tertentu. Bahkan tidak ada salahnya pembangunan masjid diendorse oleh selebgram atau artis.

Cara melakukan endorse hanya perlu menggaet selebgram atau artis agar mau mengampanyekan penggalangan dana lewat akun sosial media yang mereka miliki. Nantinya para follower atau pengikut mereka bisa mengetahui ajakan penggalangan dana tersebut.

Dengan faktor kekaguman akan selebgram atau artis tersebut, para follower akan tertarik untuk memberikan sumbangan. Penggalangan dana dengan cara ini biasanya bisa menghasilkan jumlah yang sangat banyak.

Dalam mengendorse biasanya artis atau selebgram akan menetapkan harga yang menjadi honor untuk melakukan promosi. Tapi terkadang mereka tidak akan mematok harga jika memang yang dipromosikan adalah aksi sosial atau amal.

Meski begitu, Anda harus tetap memiliki kemampuan akan bahasa penawaran yang sangat mumpuni. Selain itu, kesabaran juga sangat dibutuhkan dalam menunggu jawaban dari artis atau selebgram untuk mau mempromosikan penggalangan dana.

7. Kampanye Sosial Media

Internet menghadirkan sosial media di tengah-tengah masyarakat, seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga banyak lagi lainnya. Hanya dengan modal tulisan di sosial media yang berisi ajakan untuk melakukan donasi pembangunan masjid dan diposting di berbagai sosial media, informasi bisa tersebar dengan sangat cepat.

Cepatnya arus informasi memang harus dimanfaatkan di era digital seperti sekarang. Jika Anda bisa menyebarkan informasi di sosial media, apalagi jika Anda memiliki banyak teman di dalamnya, ajakan mengenai penggalangan dana bisa dengan mudah tersebar dan akan banyak orang yang mengetahuinya.

Selain itu, Anda juga harus tahu sasaran informasi yang Anda berikan. Untuk penggalangan dana seperti ini biasanya ditujukan untuk anak muda hingga dewasa yang memang paham teknologi. Dengan mengetahui hal tersebut maka informasi yang Anda berikan bisa tepat sasaran.

Namun perlu diingat bahwa menggunakan sosial media sebagai sarana kampanye harus berada di daerah yang tercover sinyal internet. Penyebarannya bisa sangat mudah dan cepat. Jika Anda berada di daerah pelosok yang susah sinyal, bahkan tidak ada sinyal sama sekali maka sulit untuk menyebarkan informasi tersebut.

Begitu juga dengan pengurus masjid yang sudah sepuh dan juga kurang memahami teknologi, pasti dengan menggunakan cara ini akan lebih sulit. Jadi perhatikan beberapa hal tersebut.

8. Mengadakan Event Seru

Mengadakan event dengan tujuan tertentu bisa jadi cara menarik dalam mengumpulkan donasi. Event yang diadakan tentu harus bisa mengundang banyak orang untuk menghadirinya. Event yang diadakan juga bisa dalam bentuk rangkaian. Jadi tidak hanya ada satu acara saja dalam event tersebut.

Event yang bisa diadakan untuk menggalang dana pembangunan masjid contohnya seperti jalan sehat untuk warga atau jamaah masjid, sepeda santai, mengadakan lomba baca tulis Al Quran, dan sebagainya. Event tersebut bisa diadakan dalam satu hari atau bisa juga dalam beberapa hari.

Jangan lupa untuk menginformasikan kepada semua yang mengikuti jalannya event bahwa acara tersebut diadakan dengan tujuan untuk menggalang dana pembangunan masjid. Jadi siapa saja bisa memberikan donasi seikhlasnya.

Namun, karena dalam bentuk event biasanya membutuhkan doorprize atau hadiah untuk pemenang lomba yang diadakan. Tidak perlu hadiah yang terlalu mahal sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

9. Membuat Tantangan

Tantangan atau challenge biasanya sangat diminati dan menjadi ide penggalangan donasi pembangunan masjid yang unik dan kreatif. Ada berbagai macam tantangan yang bisa dilakukan. Anda bisa mencari referensi tantangan di sosial media yang memang banyak sekali dan sudah dilakukan banyak orang.

Tantangan yang biasanya ada di sosial media juga bertujuan untuk menggalang dana. Contohnya seperti memotong rambut, menyiram air dingin ke badan, dan lain sebagainya. Cara seperti itu bisa Anda coba dalam menggalang dana untuk pembangunan masjid.

Khusus untuk penggalangan dana pembangunan masjid, Anda bisa membuat tantangan membaca surah Al Quran atau tantangan lain yang bersifat religi. Anda bisa memulainya sendiri dengan memposting di akun sosial media dan membagikannya ke teman-teman Anda. Jangan lupa sertakan informasi tantangan untuk penggalangan dana.

Cara yang terbilang unik ini bisa saja langsung tersebar dan banyak orang yang akan mengikutinya. Jika semakin banyak orang yang mengikuti tantangan, nantinya bisa menarik donatur untuk mendonasikan sebagian rejekinya untuk pembangunan masjid.

10.  Website Penggalangan Dana

Cara lain dalam menggalang donasi pembangunan masjid adalah dengan website penggalangan dana. Di internet ada banyak sekali website yang bertujuan menyalurkan donasi dari pada donatur ke orang atau proyek yang sangat membutuhkan bantuan dana. Kehadiran website seperti ini sangat memudahkan orang yang memang membutuhkan.

Cara menggalang dana lewat website seperti itu juga tidak sulit. Anda bisa menghubungi pengelola. Ajukan permohonan penggalangan dana untuk pembangunan masjid. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi data sehingga proses penggalangan dana bisa segera dimulai.

Akan tetapi, banyaknya website penggalangan dana yang seharusnya semakin mempermudah, justru mengharuskan kita untuk lebih kritis dan teliti dalam memilih website yang kredibel dan professional. Terlebih lagi karena ada hubungannya dengan pembangunan masjid yang dibiayai oleh donatur, prosesnya harus transparan.

Pedooli.id merupakan platform donasi yang dibangun dengan tujuan mengumpulkan dana donasi yang nantinya diberikan kepada orang dengan kemampuan finansial yang terbatas. Hadir untuk menerima dan menyalurkan dana donasi tidak hanya ke semua masjid, tapi juga panti asuhan dan perusahaan CSR di berbagai wilayah di Indonesia.

Jika ingin membuka penggalangan dana lewat Pedooli.id, aksesnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi websitenya dan buat akun dengan mengikuti langkah registrasi. Setelah akun didapatkan, pilih fitur “Ajukan Kampanye” untuk memulai mengajukan donasi. Jangan lupa isi identitas dan juga informasi mengenai proyek yang Anda ajukan tersebut agar bisa dibiayai.

Sebagai platform yang berdedikasi dalam menyalurkan bantuan dari para donatur, bantuan yang diberikan akan dipastikan tepat sasaran. Para donatur bisa melihat proses verifikasi dan monitoring secara transparan. Begitu juga untuk donasi pembangunan masjid akan langsung diberikan ke proyek pembangunan masjid yang memang membutuhkan.

Demikianlah berbagai ide penggalangan dana untuk donasi pembangunan masjid yang bisa Anda coba lakukan. Ide diatas bisa langsung Anda coba atau bahkan dikreasikan agar lebih mudah menarik minat banyak orang untuk berdonasi pada pembangunan masjid. Jika tertarik ingin berdonasi atau mengajukan kampanye, kunjungi Pedooli.id, lembaga penggalang dana dengan kemudahan, terpercaya dan transparan.


Bagikan