preloader
Pedooli Donasi Online untuk Anak Yatim

22 Dec

Pedooli Donasi Online untuk Anak Yatim

Manusia sebagai makhluk sosial hidup di dunia ini memang saling membutuhkan satu sama lain untuk bisa menjalani kehidupan dengan layak dan hal inilah yang mendorong munculnya platform donasi.

Seperti namanya platform donasi Indonesia tersebut digunakan untuk melakukan donasi demi kepentingan kemanusiaan. Memang peduli dengan sesama manusia merupakan salah satu tindakan mulia yang harus selalu dilakukan setiap waktu.


Pentingnya Melakukan Donasi Online untuk Orang yang Membutuhkan

Tentu saja melakukan donasi merupakan salah satu hal yang sangat mulia untuk dilakukan siapa saja, terutama yang membutuhkan Oleh karena itu kita sudah diajarkan untuk melakukan donasi bahkan saat masih kecil, seperti misalnya bersedekah.

Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri kita untuk selalu berbagi kepada siapa pun, sejak usia dini dan berikut ini adalah beberapa keutamaan melakukan donasi bagi diri sendiri yang perlu diketahui.

·         Tindakan Positif

Tentu saja memberikan donasi atau bersedekah adalah kegiatan yang positif, jadi akan sangat baik untuk dilakukan. Di dalam hidup ini kita harus senantiasa melakukan berbagai hal atau kegiatan yang positif dan berdampak baik.

·         Bisa Memberikan Kepuasan Tersendiri

Biasanya dengan membantu orang, kita bisa merasa puas karena tahu bahwa diri kita bisa bermanfaat untuk kepentingan orang banyak. Tentu saja dengan demikian kita juga bisa merasa lebih bahagia, karena melihat orang yang kita bantu tersebut bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

·         Mendapatkan Imbalan Berlimpah

Dengan membantu orang maka kita akan mendapatkan balasan yang lebih berlimpah, entah itu berupa harta, kesehatan atau kebahagiaan. Jadi Anda tidak perlu takut bahwa harta Anda akan habis jika digunakan untuk berdonasi, sebaliknya justru harta Anda akan semakin banyak.

·         Apa Yang Diinginkan Cepat Didapat

Ketika kita melakukan hal yang baik seperti contohnya berdonasi, maka hal tersebut adalah hal yang sangat disukai oleh Tuhan. Dengan begitu tentu saja bukan merupakan hal yang aneh jika keinginan yang selama ini kita harapkan akan lebih cepat diberikan oleh Tuhan.

Tentu donasi merupakan salah satu kegiatan yang bisa berdampak terhadap banyak orang, jadi manfaatnya pun tidak akan hanya dirasakan pada diri sendiri saja melainkan orang lain. Seperti misalnya beberapa manfaat donasi untuk orang lain di bawah ini.

·         Membantu Seseorang Yang Memiliki Penghasilan Di bawah Rata-Rata

Tentu tidak semua orang yang ada di dunia ini memiliki jumlah penghasilan yang besar karena ada juga beberapa orang kurang beruntung yang memiliki penghasilan kecil. Sehingga kesejahteraan orang tersebut memang masih sangat kurang dan penghasilan yang didapat setiap hari bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Di sini donasi memberikan peran yaitu membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok.

·         Mengurangi Tingginya Angka Kriminalitas

Angka kriminalitas di Indonesia memang merupakan salah satu yang tinggi dan hal ini disebabkan oleh masih banyaknya orang yang belum hidup sejahtera. Dengan banyaknya donatur tentu membuat semakin sedikit orang yang kurang sejahtera. Tentu dampak positif dari hal ini adalah angka kriminalitas akan berkurang.

·         Meningkatkan Rasa Saling Tolong Menolong

Memang donasi bisa meningkatkan rasa persaudaraan dan saling tolong-menolong. Jadi donasi bisa membuat seseorang menjadi terbiasa memiliki rasa persaudaraan tinggi. Karena mereka merasa selalu ditolong, maka mereka akan menolong orang lain.

Memang banyak orang yang gemar melakukan donasi, bukan karena mereka memiliki banyak uang. Namun karena memang mereka mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika rutin melakukan donasi atau bersedekah. Jadi jangan beranggapan bahwa berdonasi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak harta saja.

Berdonasi harus dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kesadaran untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Satu hal yang harus selalu diingat jika ingin berdonasi, hal tersebut akan memiliki dampak yang besar. Dengan berdonasi kita juga bisa mempengaruhi orang lain agar ikut berdonasi dengan demikian akan lebih banyak orang tertolong.


Tips Mudah Donasi Panti Asuhan untuk Anak Yatim Secara Online dengan Aman

Karena saat ini semua orang sudah sangat terbiasa dengan berbagai kecanggihan teknologi digital, maka hal itu juga membuat banyak orang sudah tidak perlu berdonasi secara konvensional lagi. Saat ini sudah ada berbagai media yang memudahkan siapa pun untuk melakukan donasi online. Situs seperti Pedooli.id tentu akan selalu memudahkan Anda jika ingin melakukan donasi dan dalam berdonasi tentu saja Anda harus selalu memperhatikan faktor keamanan.

Di bawah ini ada beberapa tips agar Anda bisa berdonasi dengan aman dan nyaman kapan saja.

·         Pastikan Anda Mengetahui Latar Belakang Pihak Penyalur dan Penerima Donasi

Penting untuk selalu memeriksa dengan detail berbagai informasi tentang penerima donasi. Karena saat ini marak terjadi penipuan yang menyerang para pemberi donasi. Tentu saja kita tidak ingin dana donasi tersebut jatuh ke pihak yang salah. Oleh karena itu kita harus mengetahui secara pasti identitas penyalur dan penerima donasi. Biasanya sebuah lembaga atau instansi sudah memiliki informasi latar belakang yang jelas. Namun jika Anda memberikan donasi secara perorangan maka perlu ditelusuri terlebih dulu.

·         Menentukan Program Donasi

Tentu kita juga harus menentukan program donasi terlebih dulu karena itu sangat penting. Kita harus sudah tahu berapa banyak uang yang digunakan untuk berdonasi di program tersebut. Lalu pihak yang akan menerima donasi tersebut juga harus tepat sasaran.

·         Mereview Kegiatan Terdahulu Yang Sudah Pernah Dilaksanakan

Jika suatu lembaga telah berpengalaman maka mereka sudah memiliki banyak pengalaman. Bahkan terkadang mereka juga sudah mengenal penerima dengan baik dan tahu kondisinya. Maka tidak salah jika Anda meminta dokumentasi kegiatan – kegiatan yang pernah diselesaikan. Dengan demikian maka dapat meyakinkan Anda dalam memilih lembaga tersebut. Jika sudah ada kegiatan yang pernah dilakukan maka lembaga tersebut pasti aman.

·         Meminta Contact Person

Anda perlu mengantisipasi jika terjadi berbagai macam kendala di proses donasi tersebut. Jadi inilah yang membuat Anda harus meminta contact person pihak lembaga. Dengan demikian Anda juga bisa berkomunikasi pada penyalur donasi setiap saat. Contact person tersebut biasa untuk digunakan dalam keadaan yang darurat saat proses donasi.

·         Perbanyak Mencari Informasi

Memang langkah yang paling aman adalah dengan menanyakan langsung kepada orang lain. Entah itu teman atau keluarga yang telah memiliki pengalaman menggunakan lembaga itu. Jadi Anda bisa menanyakan berbagai hal tentang sebuah lembaga donasi ke orang tersebut. Jika terbiasa melakukan kesalahan maka lembaga tersebut akan memiliki kesan buruk. Memang kecanggihan digital membuat siapa pun menjadi lebih mudah ketika ingin melakukan donasi karena sudah tidak perlu lagi bertatap muka secara langsung dengan penerima donasi. Apalagi mereka juga bisa memaksimalkan adanya pihak penyalur donasi secara online seperti Pedooli.

Memang berdonasi secara online lebih cepat dan ringkas, dapat dilakukan dalam waktu yang singkat asal kita memilih platform yang terpercaya maka tidak akan terjadi masalah yang serius dan merugikan.


Hindari Beberapa Hal Berikut Ini Saat Sedang Melakukan Donasi Online

Berdonasi adalah suatu kegiatan yang mulia jadi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Kita harus memikirkan banyak hal sebelum melakukan donasi agar dampak positifnya maksimal karena masih ada banyak kesalahan yang terjadi saat seseorang sedang berdonasi

Kesalahan yang dimaksud tersebut adalah beberapa kesalahan seperti berikut ini.

·         Salah Mencantumkan Nomor Rekening

Kesalahan pertama yang sangat sering terjadi adalah salah dalam mencantumkan rekening. Memang bisa dikatakan kesalahan ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Di mana kita bisa kehilangan banyak uang karena mengirim ke orang yang salah. Dan biasanya uang yang hilang tersebut akan sangat sulit untuk dikembalikan. Maka penting bagi Anda untuk teliti saat sedang mencantumkan nomor rekening saat donasi.

·         Salah Dalam Menentukan Nominal Transfer

Saat ingin memberikan donasi tentu ada jumlah nominal uang tertentu yang ingin kita donasikan. Namun banyak juga orang yang salah dalam mencantumkan nominal saat sedang berdonasi. Sehingga jumlah uang yang dikirim tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan. Tentu saja bagi sebagian orang hal seperti ini bisa merugikan apalagi jika nominalnya besar. Mungkin bisa saja mereka membagi uang tersebut untuk kebutuhan pribadi dan berdonasi.

·         Transfer Melewati Batas Akhir Yang Sudah Ditentukan

Ada beberapa jenis donasi yang ditentukan batas akhir pengumpulannya karena suatu hal. Misalnya donasi bencana alam karena bencana alam adalah keadaan darurat. Sehingga tentu saja harus sangat disegerakan pengumpulan dana bantuan donasinya. Jadi harap perhatikan kapan batas akhir donasi atau sedekah online yang ingin Anda ikuti.

Donasi adalah hal yang hampir bisa diterima oleh semua golongan yang ada dii dunia ini. Hampir seluruh kepercayaan atau agama selalu mengajarkan dan menekankan untuk berdonasi apalagi di suatu negara dengan kondisi perekonomian yang masih sangat sulit.

Tentu saja peran masyarakat yang mampu untuk berdonasi adalah hal yang sangat penting, Hal tersebut bisa meringankan beban pemerintah yang kesulitan untuk menyejahterakan rakyatnya. Jadi manfaatnya akan sangat besar juga, donasi bisa mempengaruhi perekonomian sebuah negara.


Memahami Keutamaan Donasi Panti Asuhan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anak Yatim

Ada beberapa orang yang harus hidup sendirian di dunia ini karena orang tua mereka sudah meninggal. Anak yatim merupakan mereka yang harus berjuang hidup di dunia sendiri karena kurang beruntung jadi bersedekah kepada anak yatim juga merupakan suatu tindakan yang sangat terpuji di mata Tuhan.

Maka dari itu banyak orang yang selalu berlomba-lomba untuk melakukan donasi panti asuhan karena mereka ingin menolong anak yatim di panti asuhan yang sudah ditinggal kedua orang tuanya. Bagi mereka yang bersedekah kepada anak yatim maka akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Dengan bersedekah atau berdonasi ke anak yatim, maka bantuan tersebut tepat sasaran dan di bawah ini adalah beberapa keutamaan berdonasi kepada anak yatim.

·         Melatih Keikhlasan

Tentu saja dengan  berdonasi maka seseorang harus rela memberikan sebagian hartanya. Maka tentu saja ini adalah salah satu cara untuk melatih keikhlasan dalam diri seseorang. Harta adalah sebuah titipan tuhan, namun meskipun digunakan untuk berdonasi tidak akan habis. Justru Tuhan akan mengganti dengan harta yang jauh lebih melimpah.

·         Meningkatkan Keimanan

Memberi atau bersedekah mungkin merupakan suatu tindakan yang terlihat sederhana. Namun bagi sebagian orang mereka masih belum terbuka hatinya untuk bersedekah. Jadi di sini tentu dengan membiasakan untuk bersedekah kita juga bisa meningkatkan iman. Kita percaya bahwa hanya dengan memberi tanpa mengharap apa pun, di mata tuhan itu merupakan perbuatan yang terpuji.

·         Meningkatkan Kepedulian

Sebagai seorang manusia kita harus selalu peduli dengan sesama, seperti selalu berbagi. Banyak orang yang selalu acuh dengan keadaan di sekitar, padahal banyak kesulitan. Berdonasi membuat kita menjadi lebih peduli dan tidak acuh dengan keadaan sekitar. Dengan demikian kita juga bisa menjadi manusia yang lebih berguna untuk banyak orang.

·         Menjauhi Sifat Sombong

Banyak orang yang memiliki banyak harta justru tidak menjadi suka memberi namun sombong. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat tidak terpuji, yaitu memiliki sifat sombong. Lebih baik mengajarkan diri sendiri untuk menghindari sifat sombong karena banyak harta. Akan jauh lebih baik tetap rendah hati dan lebih banyak memberi terutama anak yatim. Dengan begitu maka seseorang akan menjadi manusia yang lebih bernilai.

·         Tidak Takut Miskin

Jangan pernah takut miskin karena bersedekah, justru itulah sumber kekayaan sebenarnya. Anda akan mendapat pahala dari apa yang Anda sedekahkan tersebut. Misalnya donasi pembangunan masjid di panti asuhan, tentu pahalanya akan mengalir. Karena setiap hari masjid tersebut digunakan untuk sholat. Selain itu juga dapat lebih memperlancar rezeki serta selalu diberikan Kesehatan.

·         Melatih Kesabaran

Tentu dengan selalu bersedekah maka hal tersebut juga melatih kesabaran seseorang. Karena dengan terbiasa berbagi maka seseorang tidak bisa menimbun kekayaan. Namun juga harus memikirkan nasib – nasib orang di sekitarnya yang membutuhkan. Keadaan seperti ini mengajarkan seseorang arti kesabaran sepenuhnya. Namun tentu saja dengan melatih kesabaran, seseorang bisa memiliki kepribadian yang baik.

·         Menyadari Bahwa Dunia dan Seisinya Hanya Sementara

Banyak orang yang sangat sibuk mengejar dunia hingga melupakan hal penting lainnya. Seperti Kesehatan, keluarga dan tentu saja akhirat yang merupakan kehidupan sesungguhnya. Misalnya orang yang suka menimbun kekayaan hingga lupa ibadah dan berbagi. Berdonasi atau bersedekah selalu mengingatkan kita akan kehidupan abadi yaitu di akhirat kelak.

·         Menyempurnakan Ibadah

Bersedekah memberikan arti penting bagi kehidupan seseorang yang taqwa kepada Tuhan. Apalagi Ketika bersedekah kepada anak yatim, di mana anak yatim memang sangat membutuhkan. Dengan begitu maka bisa meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Tuhan YME. Semakin baik kualitas ibadah kita dan semakin banyak bersedekah maka kita akan menjadi manusia berkualitas.

Penting untuk selalu menekankan diri untuk bersedekah untuk anak yatim di mana pun kita berada dan untuk menyalurkannya juga sangat mudah, karena saat ini ada banyak sekali panti asuhan. Kita bisa menyalurkan donasi untuk anak yatim tersebut melalui pengurus di panti asuhan tersebut. Hal yang harus dihindari adalah sombong atau memamerkan bahwa kita sedang berdonasi.

Hal ini banyak ditemui di kalangan public figure di mana mereka sengaja mempertontonkan hal tersebut. Mereka sengaja ingin mencari simpati dan ingin dipuji karena bersedekah dalam jumlah yang besar. Tentu perilaku semacam ini adalah perilaku yang sangat tidak terpuji, dan harus sangat dihindari.

Berdonasi atau bersedekah adalah sebuah kegiatan mulia yang sangat disukai Tuhan YME selain itu kegiatan tersebut juga sangat bermanfaat bagi kehidupan seorang anak yatim atau fakir miskin.

Anda bisa berdonasi dengan mudah, aman dan nyaman menggunakan platform donasi Pedooli.id. 


Bagikan