preloader
Pedooli Donasi Al Quran

22 Dec

Pedooli Donasi Al Quran

Saat ini sudah ada semakin banyak platform donasi yang bisa digunakan untuk bersedekah atau berdonasi siapa saja. Platform donasi Indonesia sendiri seperti contoh salah satunya adalah peduli id namun yang harus diketahui adalah saat ini donasi tidak sekedar uang namun bisa banyak hal lain. Kita bisa mendonasikan pakaian yang sudah tidak muat untuk kita gunakan atau kita juga bisa mendonasikan makanan atau bahan makanan yang layak konsumsi. Juga berdonasi berupa buku yang bisa sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar atau yang paling baik adalah kita bisa mendonasikan kitab suci Al Quran.

Dimana Al Quran adalah kitab suci umat muslim yang ketika digunakan tentu saja pahalanya akan selalu mengalir ke orang yang mendonasikan Al Quran tersebut. Sebenarnya inti dari donasi adalah ketika kita memberi sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan dan barang atau harta benda yang kits berikan tersebut juga harus layak digunakan dan bermanfaat.


Ada Beberapa Manfaat Donasi Online Yang Penting Bagi Kehidupan Manusia

Di Indonesia memang terkenal memiliki budaya kerja sama, gotong – royong, dan tolong – menolong karena kebiasaan ini sudah turun menurun sejak zaman nenek moyang. Dan dipertahankan dengan baik di seluruh wilayah Indonesia hingga saat ini.

Oleh karena itu memberikan donasi bisa dikatakan menjadi suatu kebiasaan yang wajar. Selain itu sudah banyak orang Indonesia juga yang memahami arti penting dari donasi atau bersedekah tersebut. Namun tidak sedikit pula mereka yang sudah mampu namun kesadarannya untuk donasi masih kurang.

Sebenarnya hal tersebut memang menjadi hak masing - masing individu sepenuhnya namun akan lebih baik jika semakin banyak orang yang paham manfaat dari sedekah atau donasi tersebut. Hal ini diharapkan akan membuat semakin banyak orang menjadi tergerak hatinya untuk berdonasi apa pun.

Ada beberapa manfaat bersedekah atau memberikan donasi bagi kehidupan seorang manusia, yaitu :

·         Melindungi Diri Dari Berbagai Mara Bahaya

Sedekah memang bisa menjauhkan diri kita dari berbagai mara bahaya yang datang. Dengan bersedekah atau berdonasi maka diri kita akan senantiasa terlindungi setiap saat. Maka dari itu sebaiknya kita memiliki waktu rutin untuk berdonasi sesering mungkin. Sehingga kita percaya bahwa Allah selalu melindungi kita dimanapun kapan pun.

·         Membuat Penyakit Yang Ada Dalam Tubuh Hilang

Berdonasi atau bersedekah juga disebut dapat menyembuhkan manusia dari berbagai penyakit. Jadi sedekah juga merupakan obat dari Allah yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Anda bisa juga meminta bantuan dari orang yang menerima donasi Anda untuk sembuh dari penyakit tertentu.

·         Memperlancar Rezeki

Mungkin tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa memberi dapat mengurangi kekayaan. Padahal justru sebaliknya, memberi justru membuat rezeki kita semakin lancar dan melimpah. Karena Allah akan membalas apa yang kita keluarkan untuk sedekah tersebut berlipat ganda. Jadi Anda tidak perlu lagi untuk mendonasikan harta benda untuk mereka yang membutuhkan.

·         Membuat Jiwa Sosial Semakin Kuat

Tentu dengan memberi kita juga bisa melatih jiwa sosial kita agar semakin peka dengan sekitar. Penting memang memiliki jiwa sosial yang kuat karena kita hidup di tengah masyarakat sosial. Jika kita peduli dengan kehidupan banyak orang, maka kita akan mendapat banyak pahala. Donasi semakin diperlukan ketika terjadi suatu peristiwa yang membuat banyak orang kesusahan. Misalnya saat terjadi bencana alam yang menghancurkan suatu wilayah serta melumpuhkan aktivitas. Apalagi saat banyak korban berjatuhan tentu saja kebutuhan logistik di daerah tersebut meningkat. 

Biasanya akan ada banyak sukarelawan yang ikut memberikan donasi di daerah bencana tersebut. Karena biasanya bantuan yang datang dari pemerintah memang sangat lambat dan terbatas. Ada banyak jenis logistik yang dibutuhkan saat sedang terjadi bencana alam besar namun biasanya tidak semua bisa tersedia, jadi tentu saja peran donasi sangat dibutuhkan.


Mengenal Platform Donasi Indonesia dan Barang Apa Saja yang Dapat Didonasikan

Memang saat ini ada berbagai macam platform digital donasi secara online yang dapat Anda gunakan. Jadi dengan adanya platform tersebut membuat Anda bisa lebih fleksibel dalam berdonasi. Tentu saja karena Anda bisa berdonasi dalam jangkauan yang lebih luas bahkan luar pulau, dengan begitu dapat dipastikan bahwa donasi yang Anda berikan tersebut tepat sasaran.

Maka tentu saja apa yang Anda berikan tersebut akan sangat bermanfaat dan tidak sia – sia. Ketahuilah berikut ini adalah barang – barang yang bisa di donasikan.

·         Makanan

Kebutuhan pokok pertama yang paling banyak dibutuhkan tentu saja adalah makanan. Bisa berupa bahan makanan instan, sembako ataupun makanan yang sudah siap konsumsi. Apalagi pada daerah yang terkena bencana, maka sudah pasti sangat membutuhkannya. Maka dari itu jika Anda ingin berdonasi di daerah bencana berikanlah makanan.

·         Obat – Obatan

Yang selanjutnya ada obat – obatan, juga merupakan kebutuhan yang sangat penting. Terutama untuk kondisi tertentu seperti bencana alam atau wabah penyakit bahaya. Seperti misalnya saat pandemi Covid, tentu akan ada banyak jenis obat yang dibutuhkan. Anda bisa mendonasikan obat ke tempat dengan kondisi tersebut.

·         Al Quran

Kitab suci Al Quran adalah salah satu hal yang bisa Anda donasikan ke berbagai tempat. Kita bisa Donasi Al Quran ke sekolah, panti asuhan, perpustakaan, lokasi bencana alam, dan tempat konflik. Semua tempat tersebut umumnya ada banyak orang namun jumlah Al Quran hanya sedikit. Sehingga jika ada orang yang ingin membaca Al Quran akan kebingungan mencarinya.Selain itu mendonasikan Al Quran juga akan memberikan pahala yang mengalir selamanya. Memang sungguh luar biasa manfaat yang diberikan kitab suci Al Quran.

·         Pakaian

Pakaian juga termasuk salah satu kebutuhan pokok seorang manusia. Anda bisa mendonasikan pakaian layak baru ke berbagai golongan yang membutuhkannya. Terutama tempat seperti panti asuhan atau tempat yang terdampak bencana parah. Biasanya banyak orang yang tidak sempat menyelamatkan harta bendanya. Sehingga mereka tidak memiliki pakaian lagi untuk dikenakan.

·         Selimut

Biasanya tempat yang terdampak bencana akan didirikan pos – pos bencana sementara, Fungsinya adalah sebagai tempat untuk beristirahat para pengungsi yang kehilangan rumah. Di dalam pos bencana mereka akan tidur bersama – sama dan alas tidur serta selimut akan terbatas. Oleh karena itu, selimut juga merupakan salah satu barang donasi yang sangat penting.

·         Perlengkapan Bayi

Memang suatu keadaan yang sangat menyedihkan melihat ada seorang bayi terkena bencana. Tentu saja akan sangat sulit untuk merawat bayi jika keadaan sedang terjadi bencana. Orang tua akan kesulitan mendapatkan susu bayi, popok bayi dan perlengkapan lainnya. Maka mendonasikan berbagai perlengkapan bayi juga bisa sangat bermanfaat. Karena sudah pasti akses keluar masuk area posko bencana akan sangat terbatas.

·         Peralatan Rumah Tangga

Selanjutnya berbagai peralatan rumah tangga juga dapat menjadi opsi untuk donasi. Misalnya seperti peralatan memasak, peralatan mandi dan berbagai keperluan lainnya. Tentu saja suplai logistik peralatan rumah tangga akan selalu kalah dengan makanan. Maka sebagai alternatif seorang relawan dapat berdonasi peralatan rumah tangga.

·         Uang

Anda bisa menggunakan platform donasi seperti Pedooli.id untuk berdonasi berupa uang tunai. Karena uang juga merupakan kebutuhan pokok di berbagai situasi dan kondisi. Anda bisa membantu banyak orang memenuhi kebutuhan sambal Anda sendiri mendapat pahala. Dan sekarang Anda bisa berdonasi secara online dengan mudah kapan pun dan dimanapun.

Setiap manusia tentu pernah mengalami tertimpa musibah dan mendapat rezeki di dalam kehidupan. Saat kita mendapat rezeki hendaknya kita selalu bersyukur atas apa yang diterima tersebut. Kita juga wajib membagi rezeki tersebut ke orang – orang yang membutuhkan lewat sedekah. Namun ketika kita mendapatkan musibah maka kita juga harus menerima dengan tabah cobaan itu.

Jadi ketika kita mengalami musibah Allah akan memberikan pertolongan dalam bentuk apa pun. Misalnya bantuan dari orang lain, itulah fungsinya kita menolong orang lain saat kesusahan. Perlu diketahui bahwa donasi tidak hanya bisa diberikan berupa uang tunai saja. Kita bisa memberikan buku , atau kitab suci Al Quran agar bisa digunakan untuk mengaji. Dengan itu juga bisa menjadi syiar agama Islam kita, tentu saja kita akan mendapat banyak pahala.


Masih Terdapat Banyak Orang Yang Kurang Sadar Pentingnya Donasi Online

Memang ini adalah hal yang sangat memprihatinkan, karena donasi amat penting bagi umat manusia. Dimana sedikit bantuan yang didonasikan tersebut bisa sangat berarti bagi kehidupan banyak orang. Tapi yang harus diingat adalah, donasi atau sedekah merupakan suatu hal yang tidak bisa dipaksakan.

Jadi apa pun keadaannya jika seseorang berdonasi itu harus atas kemauan diri sendiri dan suka rela. Tidak boleh ada paksaan dari pihak mana pun meskipun untuk alasan apa saja. Saat ini bisa dibilang donasi mendapat sedikit perubahan dari konvensional menjadi online. Tentu masih ada banyak kendala yang terjadi saat donasi menggunakan sistem online namun yang juga penting adalah meningkatkan kesadaran untuk berbagi dengan sesama.

Berikut ini beberapa alasan mengapa manusia sulit berbagi dengan sesama.

·         Takut Terkena Penipuan

Masalah pertama yang sering terjadi adalah, seseorang takut tertipu donasi secara online. Jadi mereka menganggap bahwa uang yang di donasikan tersebut tidak sampai tujuan. Mereka hanya mau berdonasi secara langsung dengan melihat aliran uang secara nyata. Memang hal semacam ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai donasi digital.

·         Terlalu Takut Hartanya Berkurang

Permasalahan selanjutnya adalah orang yang memiliki kepribadian kurang suka untuk berbagi. Mereka takut kehilangan kekayaan jadi tidak ingin membagi miliknya untuk orang lain. Menganggap bahwa akan lebih menguntungkan jika uang tersebut disimpan saja. Tentu saja perilaku semacam ini tidak benar dan harus selalu dihindari. Karena ketika kita berbagi kita akan mendapatkan balasan yang lebih besar.

·         Selalu Memikirkan Jumlah

Alasan yang satu ini memang merupakan salah satu alasan yang sangat sering ditemui. Yang perlu ditekankan adalah dalam berdonasi berapa jumlahnya itu tidak berpengaruh. Utamanya adalah kesadaran kita untuk mau berbagi dan ikhlas membeli bantuan. Yang terpenting kita tidak perlu memikirkan besarnya nominal donasi atau sedekah tersebut. Jadi sebenarnya yang sulit bukan mencari uang untuk di donasikan, namun keikhlasan hatinya. Tidak perlu berpikir bahwa orang yang berdonasi hanya mereka yang memiliki banyak uang saja.

Semua orang boleh berbagi apa pun berapa pun jumlahnya karena pasti akan tetap bermanfaat karena tentu saja yang didonasikan adalah hal – hal yang bermanfaat dan berfungsi penting. Bahkan saat ini banyak juga orang yang secara ekonomi berlebih namun tidak suka sedekah. Justru banyak orang yang hidup sederhana namun mereka lebih rajin untuk bersedekah, hal ini disebabkan karena mereka memiliki keikhlasan hati yang jauh berbeda.

Sedekah Online Harus Selalu Ditingkatkan Tapi Hindari Menyedekahkan Beberapa Barang Ini

Sedekah online sendiri menjadi tren yang sangat popular akhir – akhir ini di semua kalangan dan para anak muda terutama yang paling sering menggunakan metode tersebut. Mereka biasa menggunakan sebuah platform digital untuk sedekah yang sangat mudah digunakan, salah satu yang terbaik dan yang paling banyak digunakan tentu saja adalah Pedooli.id.

Kita bisa mendonasikan sejumlah uang yang akan disalurkan ke mereka yang membutuhkan namun ada juga mereka yang lebih suka berdonasi secara konvensional menggunakan barang. Sebenarnya tidak masalah jika tetap ingin berdonasi menggunakan barang kebutuhan manusia namun tetap harus diperhatikan seperti apa kondisi orang yang menerima dan barang yang diberi.

Meskipun banyak barang bisa di donasikan, namun kita harus memilihnya dengan bijak, dengan kata lain ada beberapa jenis atau kondisi barang tertentu yang tidak baik didonasikan. Karena yang akan menggunakan barang tersebut adalah manusia maka harus diperhatikan.

Berikut ini adalah barang – barang yang seharusnya dihindari untuk disedekahkan.

·         Pakaian Bekas

Tentu saja jangan beranggapan bahwa barang bekas bisa di donasikan. Karena pasti ada orang yang bersedia untuk menggunakannya saat dalam keadaan tertentu. Namun tetap saja karena yang kita beri manusia, maka kita harus menjunjung kehormatannya. Memberikan pakaian bebas merupakan suatu tindakan yang kurang etis untuk dilakukan.

·         Sepatu

Tentu saja sepatu tidak akan terlalu berguna di area posko bencana alam darurat. Karena tidak semua jenis sepatu cocok digunakan untuk melakukan kegiatan sehari – hari. Jadi akan sangat percuma jika meskipun sepatu tersebut bagus namun tidak bisa dipakai. Jangan pernah juga mengirim sepatu bekas apalagi yang sudah tidak layak pakai.

·         Bahan Makanan Yang Sulit Dimasak

Kebutuhan akan makanan akan selalu tinggi terutama di daerah yang terkena bencana alam. Maka dibutuhkan bahan makanan yang mudah dimasak dan cepat untuk disajikan. Usahakan untuk memberikan bahan makanan instan yang mudah dimasak. Hal ini perlu diingat agar bahan makanan yang di donasikan tersebut tidak terbuang sia – sia. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah kita harus memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan.

Kita bisa memberikan bantuan berupa tenaga, namun tentu sesuai dengan keahlian kita jadi jangan memaksakan untuk menjadi relawan misalnya jika tidak memiliki pengalaman yang cukup. Kita cukup menyisihkan sedikit harta benda yang kita miliki untuk dibagikan ke saudara kita dan tentunya yang sedang sangat membutuhkan karena berada dalam kondisi tertentu.

Berbagi memang soal keikhlasan hati untuk membantu sesama manusia yang kesusahan misalnya kita bisa membagikan Al Quran gratis kepada anak – anak panti asuhan atau lokasi konflik. Kita bisa donasi Al Quran sekaligus mengajari mereka cara membaca Al Quran dengan baik dan benar Dengan demikian maka bantuan yang kita berikan tersebut bisa sangat bermanfaat secara langsung.


Bagikan