preloader
Pedooli Donasi Air Bersih

22 Dec

Pedooli Donasi Air Bersih

Donasi merupakan salah satu kegiatan yang bersifat fisik baik perorangan maupun badan hukum, bahkan melakukan donasi saat ini sudah lebih mudah dengan adanya platform donasi Indonesia. Platform tersebut tentu saja sebuah terobosan menarik, sehingga memudahkan siapa pun untuk melakukan donasi online dan salah satu platform yang menyediakan layanan tersebut adalah Pedooli.id. Kalian tentunya paham jika donasi merupakan nama lain dari sedekah, bagi umat Islam sendiri sedekah memiliki banyak sekali manfaat yang tentunya menguntungkan bagi pemberi dan penerimanya.


10 Manfaat Sedekah Online

1.   Pahala yang diterima berlipat ganda

Manfaat dari sedekah ada lima macam menurut Imam As-Suyuthi, manfaat pertama tentu saja kalian bisa memperoleh pahala sedekah sebanyak 10 kali jika diberikan kepada orang yang sehat.  Manfaat kedua akan mendapatkan 90 kali lipat pahala jika memberikannya kepada orang yang sedang terkena musibah dan orang yang buta. Manfaat ketiga yaitu akan mendapatkan 900 kali lipat jika memberikannya kepada kerabat yang memang sedang membutuhkan bantuan. Manfaat keempat jika diberikan kepada kedua orang tua akan mendapatkan pahala sebesar 100 ribu kali lipat banyaknya. Sedangkan untuk banyaknya pahala 900 kali lipat jika sedekah kalian berikan kepada para ulama dan ini termasuk dalam manfaat yang kelima.

Melihat banyaknya manfaat yang akan kalian peroleh tentu sudah bukan waktunya untuk membuang kesempatan mengumpulkan banyak bekal untuk di akhirat nanti

2.   Lebih dahsyat dari doa

Sebagai seorang manusia tentunya kalian senantiasa berdoa untuk bisa terhindar dari bala dan doa sering dijadikan ikhtiar untuk itu. Namun taukah kalian bahwa seorang sahabat bernama Abu Hurairah Ra, meriwayatkan hadis nabi bahwa mantap memilih sedekah dibandingkan doa untuk menolak bala. 

Akan tetapi penting untuk diperhatikan bahwa harta yang diberikan merupakan harta yang halal bukan dari sumber yang haram. Jadi sangat penting di sini bahwa harta halal yang bisa dijadikan penolak bala maka mulai saat ini kalian jangan hanya rajin bersedekah namun perhatikan juga dari mana sumbernya.

3.   Mampu menghapus dosa

Sebagai seorang manusia tentunya kalian tidak akan pernah luput dari namanya dosa, karena apapun yang kalian lakukan selalu berpotensi menimbulkan dosa. Salah satu amalan yang mampu menghapus dosa yaitu sedekah karena mampu menyucikan, jadi jangan malas bersedekah.

4.   Mampu mendatangkan rezeki

Manfaat lain yang bisa kalian rasakan dari bersedekah tidak hanya mampu membersihkan dosa namun juga mampu mendatangkan rezeki. Tentunya untuk mampu mendatangkan rezeki kalian harus yakin kepada Allah SWT, akan digantikan dengan rezeki yang jauh lebih baik. Jadi jangan pernah setelah bersedekah kalian meragukan Allah tidak akan memberikan ganti yang lebih baik lagi.

5.   Memperoleh naungan di hari kiamat

Balasan dari bersedekah tentu saja tidak hanya kalian peroleh pada saat di dunia saja namun juga kalian dapatkan di akhirat kelak. Untuk kalian yang bersedekah akan mendapatkan naungan pada hari kiamat kelak dan ini merupakan hal yang sangat luar biasa.

6.   Mencegah kematian buruk serta memanjangkan usia

Jika kalian bersedekah tentu akan mendapatkan manfaat salah satunya yaitu memanjangkan usia bagi sang pemberi. Hal yang dimaksudkan dari memanjangkan usia yaitu amal kebaikan yang dilakukan orang tersebut akan terus dikenang bahkan melebihi umur hidupnya. Sebagai contoh jika kalian bersedekah untuk donasi panti asuhan maka nama kalian akan selalu dikenang sebagai donatur bak hati yang bersedekah untuk kemajuan panti asuhan.

Bahkan untuk orang yang gemar bersedekah akan terhindar dari yang namanya kematian buruk yang banyak ditakutkan oleh umat Islam. Bahkan dengan bersedekah akan hilang dari dirinya sifat bangga kepada diri sendiri, kefakiran dan juga sifat sombong.

7.   Terhindar dari api neraka

Jika kalian bersedekah tentu saja pahala yang akan diterima berlipat ganda, hal ini tentu saja membuat kalian yang gemar bersedekah bisa terhindar ataupun dijauhkan dari api neraka.

8.   Terhindar dari penyakit rohani dan jasmani

Manfaat lain yang akan kalian rasakan yaitu jasmani dan rohani menjadi lebih sehat dan bisa terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan hal tersebut.

9.   Mencegah penyakit hati

Sebagai manusia tentunya kalian memiliki beberapa sifat yang kurang baik salah satunya yaitu keras hati dan penyakit hati lainnya. Penyakit semacam itu tentu saja akan sangat merugikan penderitanya, maka hendaklah kalian melembutkan hati salah satunya dengan bersedekah karena bisa menghindarkan dari penyakit tersebut.

10.  Mencegah musibah dan bencana

Jaminan Allah bagi orang yang gemar bersedekah adalah terhindar dari segala macam bencana dan juga musibah. Bahkan sedekah ini mampu menolak beragam bentuk musibah bagi siapa pun bahkan dari golongan zalim sekalipun.


Mengenal Platform Donasi Indonesia Pedooli

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk bersedekah ataupun donasi adalah Pedooli. Bagi beberapa orang platform ini mungkin sedikit asing karena memang masih tergolong baru, maka dari itu ada baiknya kalian lebih mengenal platform yang satu ini. Pedooli ini adalah platform untuk berdonasi yang dibuat untuk tujuan mengumpulkan dana donasi yang nantinya akan diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Namun secara khusus targetnya yaitu orang dengan kemampuan finansial terbatas, nantinya Pedooli juga akan menerima kemudian menyalurkan kepada masjid, panti asuhan serta perusahaan CSR. Perusahaan CSR (Corporate Social Responsibility) yang merupakan sebuah aktivitas bisnis yang mana perusahaan memiliki tanggung jawab sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas. Hal ini merupakan bentuk perhatian dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan juga dampak positif untuk lingkungan.

Jadi dengan kata lain perusahaan semacam ini memiliki andil yang besar untuk kesejahteraan bagi lingkungan dan Pedooli juga mendukung upaya tersebut. Pedooli sendiri tergolong masih baru karena baru berdiri sejak November 2021 dan tujuan dari situs ini berguna sebagai jembatan kebaikan serta wadah gotong royong untuk masyarakat Indonesia.


Kelebihan Platform Sedekah Online Pedooli

Manfaat yang luar biasa akan kalian dapatkan dari bersedekah, terlebih lagi dengan adanya platform semacam Pedooli tentu saja kalian akan dipermudah melakukan sedekah. Beberapa dari kalian tentunya bertanya-tanya apa saja kelebihan dari platform semacam ini, banyak kelebihan yang tentu saja menguntungkan kalian.

1.   Penggalangan dana mudah dilakukan

Penggalangan dan sangat mudah dilakukan bahkan semudah ketika kalian membuat akun pada sosial media. Untuk kalian yang ingin menggalang dana di sana hal yang pertama perlu dilakukan adalah masuk ke laman dan pilih menu register untuk membuat akun terlebih dahulu.

Nantinya jika kalian sudah terdaftar kalian bisa membuat halaman untuk melakukan penggalangan dana untuk tujuan apapun baik itu donasi untuk pembangunan masjid ataupun donasi lainnya. Jangan lupa buat dan siapkan informasi sejelas dan semenarik mungkin, manfaatnya agar apa yang hendak menjadi tujuan dari penggalangan dana tadi tersampaikan dengan baik.

2.   Menjangkau lebih banyak calon donatur

Bila kalian ingin mengibaratkan tentu saja platform ini serupa dengan kotak amal yang bisa kalian sebarkan kemana saja dan untuk siapa saja. Kalian tentunya akan lebih mudah dalam mengajak orang lain berbuat kebaikan untuk mengisi kotak amal tersebut. Namun yang membedakannya bukan kotak amal yang kalian sebar melainkan link halaman penggalangan dana tadi.

Penyebaran link bisa kalian lakukan pada sosial media ataupun secara personal ke orang-orang yang kalian kenal melalui aplikasi pengiriman pesan. Nantinya para calon donatur yang melihat link tersebut bisa dengan mudah bergabung dan memberikan kontribusinya untuk penggalangan dana atau donasi tersebut. 

Hal yang menarik di sini adalah para calon donatur dimanapun mereka berada tetap bisa memberikan kontribusi di lokasi yang membutuhkan. Jadi misalkan calon donatur berada di Semarang tetap bisa membantu penggalangan donasi untuk pembangunan masjid di daerah Slawi.

3.   Pelaporan donasi lebih transparan

Salah satu hal yang wajib dilakukan pada saat melakukan penggalangan dana terutama untuk membangun kepercayaan dari para donatur adalah transparansi adalah hal wajib yang dilakukan. Pelaporan dalam perkembangan donasi tentunya berbeda dengan penggalangan dana yang sifatnya lokal seperti laporan pembangun masjid di wilayah kalian. Saat ada penggalan dana semacam itu tentu saja pelaporannya hanya melibatkan panitia masjid saja dan umumnya disampaikan pada saat rapat maupun khutbah Jumat. 

Namun bagi kalian yang memanfaatkan platform untuk donasi pembangunan masjid tentu saja pelaporannya akan berbeda, namun enaknya kalian bisa lebih transparan dalam melakukan pelaporan. Nantinya sejauh mana perkembangan donasi yang dilakukan akan langsung dilaporkan pada para donasi secara otomatis dengan menggunakan fitur pelaporan yang tersedia.

4.   Dana mudah dicairkan

Kelebihan lain dalam hal pencairan dana yang tergolong mudah dilakukan sehingga jangan khawatir akan dihadapkan dengan proses yang sulit. Jadi kalian para calon donator jangan khawatir uang yang kalian donasikan tidak bisa langsung bermanfaat bagi para penerimanya.

5.   Belanja sambil bersedekah

Kelebihan lain khususnya dari platform Pedooli.id adalah layanan belanja sambil bersedekah yang bisa kalian jadikan alternatif lain dalam melakukan donasi. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kalian membutuhkan beberapa barang untuk dibelanjakan seperti jilbab, baju anak-anak dan kebutuhan lainnya.

Melihat hal ini tentu saja Pedooli mengerti akan kebutuhan itu dan tentunya membuat sebuah program yang mana kalian bisa tetap berbelanja namun tetap bisa menyumbangkan uang untuk donasi. Menariknya lagi sekitar 50% keuntungan yang diperoleh akan digunakan dan disalurkan untuk donasi yang sedang diselenggarakan atau dibutuhkan.

Jangan pernah beranggapan karena keuntungan setengahnya didonasikan barang yang dijual tidak begitu baik, jika kalian berpikiran seperti itu tentunya salah besar. Barang yang dijual di sana merupakan barang pilihan dan barang UMKM, selain membantu sesama tentunya kalian bisa ikut andil dalam memajukan UMKM. Jadi intinya semakin banyak barang yang kalian beli akan semakin banyak pula orang yang bisa kalian bantu.


Cara Berdonasi Di Platform Donasi Pedooli

Setelah melihat sekilas mengenai Pedooli dan juga kelebihannya tentu saja kalian harus semakin tergerak hatinya untuk ikut berdonasi pada platform tersebut. Perlu diketahui di sini bahwa platform ini sementara baru tersedia via website jadi kalian tidak akan menemukan versi aplikasinya.

1.   Buat akun terlebih dahulu

Untuk mulai melakukan donasi kalian hanya perlu masuk ke halaman websitenya dan pilih menu register untuk pembuatan akun. Kalian hanya perlu mengisikan data yang diperlukan seperti nama, alamat email, password dan juga captcha sebagai langkah terakhir. Jika kalian sudah membuat akun maka sewaktu-waktu kalian bisa masuk kembali dengan memanfaatkan fitur login.

2.   Mulai Berdonasi

Untuk melakukan donasi kalian cukup pilih menu bersedekah dan bila kalian lihat pada website tampilannya berwarna orange dengan simbol hati dan klik saja. Nantinya akan muncul beberapa pilihan untuk donasi seperti donasi air bersih, donasi pembangunan asrama putri, pembangunan pesantren dan masih banyak lainnya. Nantinya pada masing-masing pilihan tadi akan ada keterangan berapa dana yang dibutuhkan, lama penggalangan dana, dana yang sudah terkumpul dan informasi singkat penggalangan dana.

Sebagai contoh jika kalian tertarik dengan pembangunan fasilitas air bersih untuk masjid kalian tinggal klik saja. Setelah diarahkan ke laman tersebut kalian akan melihat beberapa informasi dan juga pilihan menu pada penggalangan dana tersebut.

3.   Beragam fitur untuk berdonasi

Nantinya ada menu seperti detail, pembaruan dan juga donatur yang masing-masing berisikan informasi siapa saja yang terlibat dalam penggalangan dana. Untuk pilihan pertama yaitu detail yang berisikan mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam pembangunan fasilitas air tadi. Nantinya kalian akan diinformasikan mengenai latar belakang lokasi penggalangan dana dan juga kondisi yang sedang dihadapi.

Untuk pemberian detail terbilang cukup lengkap karena kalian juga akan diberikan gambar lokasinya sehingga kalian sedikit banyak bisa mendapatkan gambaran dari sana. Informasi lainnya terkait dengan penggunaan data yang diperlukan, sebagai contoh jika pembangunan memerlukan dana 56 juta maka detailnya akan dirincikan keseluruhannya. Keperluan dana tadi tersaji lengkap dalam sebuah tabel yang berisikan informasi mengenai banyak barang, harga serta jumlah yang dibutuhkan.

Jadi jumlah dana yang diperlukan sebesar 56 juta tadi bukan jumlah asal yang tidak jelas untuk keperluan apa saja. Untuk penyaluran dananya kalian juga jangan khawatir karena Pedooli memiliki mitra yang mampu memastikan bahwa dana tersebut akan digunakan sebaik-baiknya. Untuk kalian yang ingin mengajak orang lain berbuat kebaikan untuk donasi yang serupa ataupun lainnya bisa menggunakan fitur bagikan. Nantinya link akan bisa dibagikan ke sosial media yang kalian miliki dengan begitu semakin banyak pula orang yang ikut beramal dalam kebaikan.


Fitur Keunggulan Lain dari Pedooli Donasi

Fitur lain yang tersedia yaitu pembaruan yang mana nantinya jika ada informasi terbaru terkait dengan penggalangan donasi akan disampaikan di sana. Setelah itu fitur lainnya adalah donasi untuk melihat seberapa banyak  donatur yang terlibat dalam donasi tersebut. Informasinya cukup jelas mulai dari nama donatur, waktu donasi serta jumlah donasinya semua terlihat jelas di sana sehingga sumber dananya cukup transparan.

Hal yang cukup menarik dari platform ini adalah tersedia info kontak dari Pedooli meliputi nomor telepon dan juga email. Tujuan dari tersedianya info tersebut jika ada dari kalian yang memiliki pertanyaan mengenai kampanye donasi yang sedang berlangsung.


Kesimpulan

Jadi pada intinya banyak pilihan donasi yang bisa kalian pilih pada laman Pedooli ini bisa mulai dari donasi Al Quran dan sebagainya. Tentunya kalian bisa memilih donasi mana yang paling kalian inginkan, jangan lupa juga untuk membaca detailnya agar kalian semakin mantap dalam melakukan donasi. Jika kalian ingin mengetahui perkembangan terbaru yang ada jangan ragu untuk mengikuti beragam sosial media dari Pedooli.

Jangan lupa juga untuk terus like dan share update terbarunya jangan lupa juga untuk menyertakan hastag #berkembangdalam kebaikan. Nantinya dengan membantu sebarkan kebaikan mengenai kampanye donasi kalian bisa ikut bergabung menjadi relawan kebaikan. Tidak hanya itu saja bagi kalian mengetahui suatu informasi mengenai proyek sosial yang sedang membutuhkan pembiayaan maka jangan ragu untuk menghubungi Pedooli.

Siapa tahu satu gerakan kecil dari kalian yang memberikan informasi tersebut akan memberikan dampak yang luar biasa baik bagi sesama. Jadi pada dasarnya Pedooli ini membuat donasi online menjadi lebih mudah dan tepat sasaran, cukup buka lamannya saja maka kalian sudah bisa melakukan donasi dimana saja dan kapan saja.

Bagikan