preloader
Pahala Jariyah Mulai Dialirkan dengan Deras dalam Program 1000 Kacamata Gratis untuk Guru Ngaji

23 Aug

Pahala Jariyah Mulai Dialirkan dengan Deras dalam Program 1000 Kacamata Gratis untuk Guru Ngaji

Proses pengukuran kacamata gratis untuk guru ngaji

Sumber: Dokumentasi Pedooli.id

SBN (Sahabat Bangun Negeri) merupakan salah satu Mitra Pedooli.id, SBN berasal dari komunitas yang peduli masyarakat pedalaman Indonesia bernama GPMP (Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman). Dengan dukungan dan amanah masyarakat yang terus bertumbuh, SBN kini bertransformasi dan berkhidmat untuk berkontribusi pada penanggulangan beragam dinamika kemanusiaan, dakwah, sosial dan ekonomi masyarakat.

Kamis (18/8) Pedooli dan SBN melaksanakan proses pengukuran kacamata gratis untuk para guru mengaji, yang bertempat di Kantor SBN Foundation di Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat. Melalui kemurahan hati Sahabat Pedooli “1000 Kacamata Gratis untuk Guru Ngaji” berhasil menghimpun donasi sebanyak Rp. 37.952.033 dari penayangan campaign https://pedooli.id/campaign/1000-kacamata-gratis-untuk-para-guru-ngaji-evjbsupr

Direktur SBN, Anang Herdiana mengungkapkan bahwa program ini berangkat dari kepeduliannya terhadap para guru mengaji yang tidak memiliki penghasilan tetap namun sangat membutuhkan kacamata. Anang juga menemukan banyak guru mengaji yang bahkan membeli kacamata di pasar atau di pinggir jalan walaupun ukurannya tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, namun harga murah yang ditawarkan menjadikan mereka membeli kacamata tersebut. 

Tercatat 48 guru mengaji yang datang ke Kantor SBN untuk melakukan pengukuran kacamata. Prosesi pengukuran berlangsung lancar, dimulai dari pendaftaran, pemberian snack, dan yang terakhir proses pengukuran kacamata oleh tenaga ahli. Tak hanya itu, suasana bahagia dan haru turut menyelimuti proses pengukuran kacamata.

Salah satu penerima manfaat, Wardi Suwandi mengungkapkan urgensi kacamata gratis bagi para guru mengaji “Karena intensitas waktu mengajar dan faktor usia menjadikan adanya keterbatasan penglihatan, dengan adanya gerakan program ini Alhamdulillah mereka (para guru mengaji) bisa ikutan”.

Penerima manfaat lainnya yaitu yaitu Arni Halimatussadiyah tak kuasa menahan air matanya sembari memeluk Tim Pedooli dikarenakan rasa syukur yang meluap ketika bisa menerima manfaat dari program “1000 Kacamata Gratis untuk Guru Ngaji”. “Ini Umi beli kacamata di pinggir jalan, itupun ketika digunakan untuk mengajar ngaji harus segini (dalam jarak dekat) kalau segini (jarak jauh) gak keliatan. Kata Umi, Ya Allah mudah-mudahan ada yang nolong Umi, dan mungkin program ini benar-benar rejeki dari Allah yah, karena kalau setelah waktu Ashar anak-anak sudah banyak yang nungguin di depan rumah untuk belajar ngaji”

Program “1000 Kacamata Gratis untuk Guru Ngaji” memiliki 3 tahapan, di antaranya:

  1. Guru mengaji dikunjungi atau berkunjung untuk melakukan pemeriksaan kondisi mata

  2. Setelah data pemeriksaan mata sudah terkumpul akan dilakukan proses pembuatan kacamata yang berlangsung selama kurang lebih sepekan

  3. Setelah proses pembuatan kacamata, akan dilakukan distribusi kepada para guru mengaji

Tentunya dalam tahapan-tahapan tersebut Insya Allah mengalir dengan deras pahala jariyah Sahabat Pedooli, karena kacamata yang dihadiahkan kepada para guru mengaji akan digunakan untuk membaca dan mengajarkan Al-Qur’an, di mana ada ilmu yang tak terhingga berkahnya yang terus bergulir dalam proses pembelajaran Al-Qur’an itu sendiri. 

Terima kasih yang tak terhingga kepada Seluruh Sahabat Pedooli yang telah memenuhi kebutuhan penting Para Pahlawan Pendidikan Agama. Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda seperti yang dikutip dalam Lubab al-Hadits oleh Imam Jalaluddin al-Suyuthi, “Barangsiapa memuliakan orang berilmu (guru), maka sungguh ia telah memuliakan aku. Barangsiapa memuliakan aku, maka sungguh ia telah memuliakan Allah. Barangsiapa memuliakan Allah, maka tempatnya di surga”.