preloader
Manfaat Donasi Sedekah bagi Muslim

22 Dec

Manfaat Donasi Sedekah bagi Muslim

Dalam Islam itu memang yang namanya donasi atau sedekah itu adalah hal yang wajib dilakukan oleh kaum muslim seperti misalnya donasi Al QuranCara untuk melakukan donasi pun sekarang sudah beragam, seperti misalnya dengan melakukan donasi online yang memang sudah bisa dilakukan di berbagai platform.

Donasi atau sedekah sendiri memang ada banyak sekali jenisnya, dan bagi kaum muslim itu sendiri ada banyak sekali manfaatnya yang akan bisa diterima. Ada banyak sekali kutipan dalam Al Quran dan juga Hadits yang menyebutkan kalau sedekah itu memang wajib dan lagi memberikan banyak manfaat.

Jadi memang bahkan Nabi SAW pun menyarankan semua kaum muslim untuk memperbanyak sedekah terutama pada saat bulan Ramadhan.


Manfaat Donasi Sedekah Online Untuk Umat Islam

Dalam Islam itu ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan pada sebuah tindakan sedekah ataupun donasi untuk orang yang memang membutuhkan. Sedekah adalah tindakan yang sangat disukai oleh Allah SWT, sehingga tentunya kaum muslim akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari melakukan sedekah tersebut.

Mungkin masih banyak orang yang belum memahami apa saja sih manfaat dari donasi bagi umat Islam secara detail dan juga secara mendasar. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasi soal manfaat yang akan didapatkan apabila Anda melakukan sedekah pada orang yang berhak mendapatkannya.

1. Mendapatkan Pahala

Manfaat yang paling pertama akan kami bahas itu adalah Anda akan bisa mendapatkan pahala dari tindakan donasi yang Anda lakukan. Apalagi kalau donasi yang Anda lakukan itu Anda lakukan secara tersembunyi, karena kalau ditunjukkan akan ada kesan riya di dalamnya.

Bahkan pahala yang didapatkan apabila melakukan donasi secara tersembunyi itu akan jauh lebih besar lho, dan salah satu jalanya itu adalah melalui platform donasi IndonesiaKarena kalau melalui platform tersebut Anda akan melakukan secara online, dan tentunya akan sangat sedikit orang yang mengetahui donasi atau sedekah yang Anda lakukan.

2. Melipatgandakan Harta

Manfaat yang kedua adalah donasi atau sedekah itu pun akan bisa melipatgandakan harta yang Anda miliki saat ini. Ibaratnya harta Anda itu tidak akan habis untuk sedekah, malah sebenarnya akan ada kelimpahan harta yang bisa Anda dapatkan. Allah SWT itu akan membalas sedekah yang Anda berikan pada orang yang membutuhkan berkali-kali lipat banyaknya dari jumlah yang Anda donasikan.

Jadi dengan bersedekah malah rezeki Anda akan dimudahkan dan juga dilancarkan, sehingga harta Anda malah akan semakin berlipat. Karena itulah jangan khawatir dengan mengeluarkan harta untuk sedekah, karena harta Anda justru akan semakin berlipat ganda. Jadi seperti misalnya Anda donasi panti asuhan, maka kemungkinan besar harta Anda akan berlimpah karena donasi di platform donasi yang Anda pergunakan.

3. Menghindarkan Dari Penyakit

Manfaat berikutnya dari donasi atau sedekah itu adalah bisa menghindarkan Anda dari penyakit yang mungkin bisa menyerang tubuh Anda. Bahkan Rasullulah SAW bersabda tentang manfaat sedekah yang akan bisa mempengaruhi tubuh untuk bisa menghindari penyakit yang mungkin akan diderita.

Hal tersebut berarti bahwa ketika Anda melakukan sedekah tersebut, maka tubuh akan bereaksi positif dan membuat sistem imun di dalam tubuh pun akan meningkat juga. Selain menghindari penyakit, sedekah pun juga akan bisa menyembuhkan penyakit yang mungkin sedang diderita.

Ada perkataan dari Rasullulah yang menerangkan kalau obati orang-orang yang sakit dari kalanganmu atau keluargamu dengan melakukan sedekah. Jadi kalau Anda menderita penyakit tertentu cobalah untuk banyak melakukan sedekah seperti misalnya melakukan donasi pembangunan masjid misalnya.

4. Menghapus Dosa

Manfaat selanjutnya yang bisa dinikmati kaum muslim dengan melakukan sedekah itu adalah bisa juga dipakai untuk menghapus dosa. Hal ini pun sudah dikatakan oleh Rasullah SAW yang mengatakan kalau sedekah bisa menghapus dosa seperti halnya air yang akan memadamkan api.

Sedekah bisa menjadi salah satu jalan untuk Anda bisa menghapus dosa, di mana setiap orang itu sudah pasti akan pernah melakukan yang namanya dosa. Akan tetapi tentunya sedekah saja tidak bisa digunakan untuk menghapus dosa, perlu adanya tobat dan tidak melakukan kesalahan itu lagi.

Jadi dengan Anda bertobat dan juga kemudian melakukan sedekah, maka kemungkinan dosa Anda akan bisa dihapuskan.

5. Menciptakan Kebahagiaan

Manfaat yang berikutnya adalah bahwa ternyata dengan melakukan sedekah itu bisa menimbulkan rasa bahagia lho ternyata. Sebab ada penelitian yang pernah dilakukan oleh universitas di Oregon yang menunjukkan kalau sedekah itu akan memicu tubuh lebih bahagia.

Ini karena pada saat Anda melakukan sedekah otak akan mengeluarkan Dopamin dan juga Endorfin yang menyebabkan orang bisa menjadi lebih bahagia. Ada juga penelitian dari Jerman yang menunjukkan manfaat dari sedekah itu bisa memberikan efek bahagia yang sangat besar pada tubuh. Menurut penelitian tersebut di jelaskan kalau rasa bahagia itu akan muncul karena ada rasa puas dan juga bangga telah melakukan sesuatu yang baik.

6. Menghindarkan Marabahaya

Manfaat selanjutnya adalah menghindarkan marabahaya yang mungkin akan muncul di hadapan Anda yang memang sering sekali terjadi di kehidupan. Jadi dalam Islam itu melakukan sedekah itu akan bisa dijadikan seperti penolak bala atau menahan kejadian seperti musibah ataupun juga kejahatan.

Bahkan Rasullulah SAW pun sempat bersabda bahwa umat Islam itu diminta untuk menyegerakan bersedekah, karena musibah itu tidak mendahului sedekah. Dan Nabi pun juga sempat bersabda bahwa dengan sedekah itu akan bisa menutup 7 pintu kejahatan dari Anda dan Anda akan lebih aman.

Jadi memang dengan sedekah itu akan bisa menjauhkan Anda dari musibah yang mungkin akan menimpa Anda ataupun juga keluarga Anda.

7. Menguatkan Tali Silaturahmi

Manfaat yang berikutnya itu juga bisa menjadi penguat tali silaturahmi antar umat agar supaya bisa terjaga dengan baik. Kita tidak tahu kapan kita akan membutuhkan bantuan orang lain, sehingga ada baiknya kalau kita melakukan sedekah ke orang lain juga.

Karena barang kali suatu saat nanti kita yang akan dibantu oleh orang tersebut, dan itulah mengapa kita perlu melakukan sedekah meskipun sedekah onlineMembantu sesama yang membutuhkan itu memang menjadi hal yang wajib dilakukan, dan sisi baiknya untuk bisa menguatkan silaturahmi antar umat.

8. Memberi Naungan Di Hari Kiamat

Manfaat sedekah juga akan memberikan Anda naungan pada saat hari kiamat tiba bagi para kaum muslim yang ada di dunia. Karena memang bagi kaum muslim hanya amal dan sedekah yang akan bisa menaungi mereka pada hari kiamat nanti.

Itulah mengapa Nabi SAW pun menganjurkan para muslimin untuk rajin bersedekah dan terutama di bulan tertentu seperti di bulan Ramadhan.

9. Memudahkan Jalan Ke Surga

Manfaat dari sedekah pun akan bisa membantu para kaum muslim untuk bisa masuk ke Surga setelah dirinya tiada. Karena memang salah satu hal yang akan membantu Anda mendapatkan tempat di surga itu adalah sedekah yang sudah Anda lakukan untuk sesama yang membutuhkan.

Jadi sebisa mungkin Anda mulai untuk bersedekah dengan berbagai macam cara termasuk dengan menggunakan cara online saat ini. Ada cukup banyak situs seperti misalnya Pedooli.id yang menyediakan beragam proyek kampanye untuk jalan Anda bersedekah.

10.  Di Kabulkan Permintaannya

Terakhir manfaat dari melakukan sedekah itu adalah akan membuat doa yang Anda panjatkan itu akan lebih besar terkabul. Karena dalam Hadits pun ada perkataan kalau malaikat itu akan mendoakan orang yang memberikan hartanya sebagai sedekah kepada sesama yang membutuhkan.

Jadi jelas sekali di sini doa yang Anda panjatkan juga akan didoakan oleh malaikat termasuk soal kesehatan dan juga rezeki untuk diri Anda. Oleh karena itulah memang sebaiknya Anda melakukan sedekah secara rutin dan juga ikhlas agar supaya malaikat turut serta mendoakan Anda di hadapan Allah.

Dan karena kondisi yang seperti itu akan menjadi sangat wajar kalau doa yang Anda panjatkan itu akan lebih besar kemungkinan untuk bisa terkabul. Perbanyaklah sedekah melalui berbagai platform yang memungkinkan untuk mendapatkan Ridho Allah dan doa Anda bisa dikabulkan.


Apa Itu Pedooli.id?

Berbicara mengenai sedekah dan juga donasi tentunya ada platform yang bernama Pedooli.id yang bisa Anda pilih untuk menjadi media Anda melakukan donasi. Pedooli.id itu adalah sebuah platform untuk Anda bisa berdonasi dengan tujuan dan juga perencanaan yang jelas, bahkan sampai bagian evaluasinya lho. 

Jadi bisa dibilang ini adalah platform yang sangat aman untuk Anda pilih sebagai jalan Anda untuk melakukan donasi yang memang menjadi kewajiban bagi umat Islam. Anda pun juga lebih tenang dalam melakukan donasi, karena penyalurannya pun sangat jelas sesuai dengan rencana dari proyek kampanye yang memang demi kepentingan banyak orang.

Proyek kampanye yang ada di platform Pedooli.id sendiri cukup banyak lho, mulai dari donasi air bersih sampai pembangunan masjid dan lain sebagainya. Ada banyak kategori seperti misalnya edukasi, donasi untuk bencana alam, untuk orang yang kekurangan, dan masih banyak lagi sesuai dengan orang yang mengajukan kampanye itu.


Cara Donasi Di Pedooli.id

Supaya Anda bisa melakukan donasi melalui platform ini, maka Anda itu harus tahu dulu bagaimana cara untuk melakukan donasi. Informasi soal cara untuk melakukan donasi itu adalah hal yang sangat penting untuk diketahui dengan baik supaya tidak ada kesalahan saat melakukan donasi.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan seperti apa si langkah untuk Anda bisa melakukan donasi melalui Pedooli.id ini dengan baik dan juga lancar.

1. Langkah yang paling pertama itu sudah pasti Anda harus masuk dulu ke situs dari Pedooli.id

2. Langkah kedua Anda cari menu bersedekah, kalau di halaman utama itu biasanya lokasinya ada di bagian atas dari halaman utama tersebut.

3. Langkah yang ketiga adalah Anda memilih proyek atau kampanye yang tersedia di situs tersebut yang mungkin masih bisa Anda donasikan.

4. Pada saat memilih kampanye Anda harus lihat apakah status sudah ditutup atau belum, dan bisa dilihat apakah sudah mencapai kuota yang diharapkan atau belum.

5. Setelah sudah menentukan pilihan, maka klik kampanye yang ingin Anda donasikan berdasarkan detail informasi yang diberikan oleh kampanye.

6. Kemudian Anda akan di bawa ke halaman selanjutnya yang membuat Anda harus menentukan nominal uang yang akan di donasikan, bisa juga Anda tulis sendiri nominalnya itu.

7. Setelah itu Anda akan isi data diri seperti nama, alamat email, dan juga nomor WhatsApp yang bisa dihubungi.

8. Nanti Anda akan mendapatkan nomor rekening untuk Anda transfer sesuai dana yang ingin Anda donasikan tersebut.

9. Dan kemudian tinggal transfer saja agar supaya Anda bisa mendonasikan uang ke kampanye yang sudah Anda pilih.

Langkah yang kami sampaikan ini diharapkan akan bisa memberikan semacam panduan bagi Anda yang ingin melakukan donasi dengan platform digital. Karena kami sadari kalau memang masih banyak orang yang kebingungan dalam melakukan donasi dengan menggunakan cara online, jadi ini bisa menjadi semacam panduan dan bantuan.


Fitur Pada Pedooli.id

Platform Pedooli.id ini pun sebenarnya memiliki beberapa fitur yang akan bisa membantu Anda dalam melakukan donasi secara online. Fitur tersebut akan membantu Anda untuk donasi dan juga akan memberikan fleksibilitas yang akan membuat Anda bisa berdonasi sesuai dengan keinginan dan tujuan Anda.

Fitur itu juga akan membuat Anda jauh lebih aman dan juga tenang dalam melakukan donasi karena ada kepastian soal penyaluran dana donasi tersebut. Berikut ini kami akan informasikan beberapa fitur yang akan ada pada platform Pedooli.id yang akan membuat Anda lebih nyaman dalam melakukan donasi.

1. Ada fitur sosial media yang membuat Anda itu bisa lebih mudah mendapatkan informasi soal kampanye untuk Anda bisa melakukan donasi melalui Pedooli.id.

2. Ada juga fitur nomor WhatsApp yang bisa Anda pakai untuk bertanya apabila ada kebingungan pada saat Anda akan melakukan donasi secara online.

3. Fitur berikutnya adalah alamat email yang juga sama fungsinya seperti nomor WhatsApp untuk bisa mendapatkan informasi yang jelas.

4. Ada penjelasan soal kampanye secara detail, sehingga kita tahu persis proyeknya itu untuk apa dan untuk siapa dan Anda jadi lebih mantap dalam melakukan donasi.

5. Ada juga fitur transparansi yang jelas atas proyek dan kampanye yang dijalankan melalui Pedooli.id ini, jadi jelas akan lebih tenang bila Anda berdonasi.


Kesimpulan

Fitur yang tersedia di Pedooli.id ini pun sebenarnya akan menjadi beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan ketika Anda melakukan donasi di platform ini. Seperti misalnya ketenangan dan rasa aman uang yang Anda donasikan itu akan tersalurkan dengan baik pada jenis kampanye yang Anda pilih.

Banyak sekali platform yang palsu dan membuat orang pun jadi tidak tenang pada saat sudah melakukan donasi uang di platform tersebut. Hal ini menjadi kelebihan utama dari platform digital ini untuk Anda bisa melakukan donasi ataupun sedekah dengan berbagai kepentingan dan juga keperluan.

Inilah informasi soal manfaat dari melakukan sedekah dan juga informasi soal platform donasi digital terbaik yang ada di Indonesia yakni Pedooli.id. Dengan begitu Anda akan tahu jalan untuk Anda berdonasi yang mudah dan juga aman tanpa harus bingung memilih donasi Anda akan kemana.

Karena itulah sebaiknya memang Anda mengunjungi Pedooli.id yang merupakan salah satu platform donasi Indonesia digital yang terbaik untuk bisa Anda pilih.    


Bagikan