preloader
Malas Penyakit Sosial, Ini Cara Mencegahnya!

02 Feb

Malas Penyakit Sosial, Ini Cara Mencegahnya!

Terkadang banyak pekerjaan yang menjadi terbengkalai ketika kita diselimuti oleh rasa malas, seolah menjadi penyakit yang dirasakan oleh hampir semua orang. Rasa malas merupakan perasaan manusiawi, namun jika dibiasakan dan terus-menerus dipelihara akan menjadi penyakit dan mendatangkan masalah-masalah lainnya.

Tidak bertanggung jawab atas sebuah pekerjaan yang tidak selesai merupakan salah satu dampak dari adanya rasa malas. Bahkan ada yang bermalas-malasan dengan berdalih fokus kepada akhirat sehingga melupakan dunia sama sekali, termasuk tanggung jawab di dalamnya.

Mari simak kisah berikut ini!

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Ia berkata, Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam pada suatu hari masuk masjid, dan ternyata terdapat seorang sahabat dari Anshar yang dipanggil Abu Umamah, beliau bersabda, “Ada apakah gerangan aku lihat engkau duduk di masjid bukan pada waktu shalat?” Dia menjawab, “Kegundahan dan hutang yang selalu menyelimutiku wahai Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam.” 

Beliau bersabda, “Maukah aku ajarkan perkataan yang apabila kamu ucapkan maka Allah Subhanahu wata'ala akan menghilangkan kegundahanmu dan melunaskan hutang-hutangmu?” Dia berkata, “Ya, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Apabila kamu berada di pagi dan sore hari, maka ucapkanlah 

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzubika  minal jubni wal bukhli  wa a’udzubuka min ghalabatid daini wa qahrir rijaal” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan bakhil (pelit) dan aku berlindung kepada-Mu dari terlilit hutang dan pemaksaan dari orang lain.

Abu Sa’id Al-Khudri berkata, “Maka aku pun melaksanakannya dan ternyata Allah Subhanahu wata'ala menghilangkan kegundahanku dan melunasi hutang-hutangku.” (HR. Abu Daud)

Ternyata konsep life balance sesungguhnya juga diajarkan oleh Agama Islam, salah satunya adalah melalui kisah di atas. Semangat!


Bagikan