preloader
Keutamaan Memberikan Makan kepada Orang yang Berpuasa

29 Mar

Keutamaan Memberikan Makan kepada Orang yang Berpuasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, bulan yang mulia dan dimuliakan setiap amal perbuatan. Bulan Ramadhan terbiasa disambut dengan penuh kebahagiaan. Bulan Ramadhan ibarat bahtera yang luas, sehingga banyak kesempatan bagi kita untuk memperbanyak ibadah dan amal shaleh, kaum muslimin diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Ibadah puasa dilaksanakan dari terbit hingga terbenam matahari.


Visualisasi memberi makan saat bulan Ramadhan

Sumber: Unsplash

Dalam rangka memperbanyak ibadah di Bulan Ramadhan, www.pedooli.id sebagai salah satu wadah kebaikan yang selalu mbersama Pedooli melalui www.pedooli.id dalam gerakan #RamadhanPedooliSesama, berbagi takjil buka puasa, hidangan sahur, zakat fitrah untuk lansia, hingga kado istimewa untuk paket lebaran para santri yatim dan dhuafa! 

Berbagi santapan buka puasa dan hidangan sahur terdapat dalam program Dapur Cinta Ramadhan Part II. Tahun 2022 Sahabat Bangun Negeri (SBN Foundation) bekerjasama dengan Pedooli.id menjalankan program Dapur Cinta Ramadhan di beberapa pesantren di pelosok Bogor, dan insyaAllah tahun 2023 kembali bersama Pedooli.id bisa memberikan manfaat kepada 6 pesantren yang tersebar di pelosok-pelosok daerah.

Dokumentasi Dapur Cinta Ramadhan 2022

Sumber: Dokumentasi-SBN

Dalam Islam sendiri terdapat banyak keutamaan dalam memberikan santapan berbuka hingga hidangan sahur kepada orang yang berpuasa, di antara keutamaannya adalah sebagai berikut:

  • Memberi makan buka puasa akan mendapatkan pahala dari orang yang berpuasa

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

  • Membuka jalan menuju Surga Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya (kepada para sahabat), “Siapakah di antara kalian yang pada hari ini berpuasa?” Abu Bakar berkata, “Saya.” Beliau kembali bertanya, “Siapakah di antara kalian yang hari ini memberi makan orang kurang mampu?” Maka Abu Bakar mengatakan, “Saya.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Tidaklah ciri-ciri itu terkumpul pada diri seseorang melainkan dia pasti akan masuk surga.” (HR. Muslim)

  • Mengantarkan pada Ridha Allah

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah karenanya menyatakan, “Puasa, shalat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, ‘Shalat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.’“ (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298)

  • Menghapus dosa-dosa terdahulu

“Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

  • Mencukupkan orang lain, tanpa mengurangi kecukupan diri sendiri

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim)

Program Dapur Cinta Ramadhan sudah rutin dilakukan oleh Sahabat Bangun Negeri (SBN Foundation) sejak tahun 2018, dengan target utamanya adalah Pondok Pesantren Dhuafa di pelosok-pelosok daerah.Adapun latar belakang dari program Dapur Cinta Ramadhan adalah sebagai berikut:

  1. Pondok Pesantren di pelosok daerah menjadi ujung tombak perjuangan Pendidikan Agama, yang luput dari perhatian kita para relawan dan para dermawan.

  2. Minimnya informasi terkait keberadaan dan kondisi pesantren di pedalaman, karena jarak yang jauh dengan akses yang sulit ditempuh.

  3. Tempat yang sangat sederhana dengan fasilitas seadanya, yang tidak menyurutkan semangat belajar para santri dan ustadz untuk bisa belajar dengan optimal.

  4. Selain itu, makanan yang sangat sederhana yang dikonsumsi oleh para santri.

Mengapa dalam program ini sasarannya adalah Pesantren Pelosok/Pedalaman?

  1. Keseharian makan para santri yang sangat sederhana.

  2. Sering luput dari perhatian relawan dan dermawan.

  3. Akses lokasi yang sulit ditempuh.

  4. Memuliakan para santri dan ustadz.


Dokumentasi Dapur Cinta Ramadhan 2022

Sumber: Dokumentasi-SBN

Dapur Cinta Ramadhan 1444 H/2023 M dikonsep untuk memenuhi kebutuhan logistik dapur pesantren untuk kebutuhan selama satu bulan. Selain berbagi kepada sesama, harapannya agar para santri bisa lebih tenang dan fokus menjalankan Pendidikan serta Ibadah Ramadhan. Setiap pesantren akan dikirim bantuan berupa sembako yang disiapkan oleh tim relawan dari Sahabat Bangun Negeri (SBN Foundation) sebagai pelaksana teknis di lapangan.

Sahabat Pedooli bisa berkontribusi dalam program “Dapur Cinta Ramadhan untuk pesantren di Pelosok Daerah”, di manapun dan kapanpun, dimulai dari Rp. 1.000 dengan aman, transparan dan terpercaya melalui https://pedooli.id/campaign/dapur-cinta-ramadhan-part-ii-untuk-pesantren-pelosok-daerah-wsqunhrd.

Bagikan