preloader
Keberkahan Berbagi kepada Kaum Dhuafa

25 May

Keberkahan Berbagi kepada Kaum Dhuafa

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW pernah bersabda,


عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَبْغُوْنِي الضُّعَفَاءَ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَتُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ رواه أبو داود


“Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang lemah, karena kalian diberi rezeki dan ditolong disebabkan orang-orang lemah di antara kalian," (HR Abu Dawud).

Lembaga Riset Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) memprediksikan tingkat kemiskinan Indonesia melonjak menjadi 10,81% atau setara dengan 29,3 juta penduduk pada tahun 2022. 

Di Indonesia budaya berbagi menjadi pegangan bagi setiap masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dengan salah satu bentuk berbagi yang seringkali diterapkan di negara Indonesia yakni ‘Gotong Royong’.

Islam mengajarkan umatnya untuk berbagi kepada sesama, salah satunya yakni kepada Kaum Dhuafa. Dengan berbagi tidak hanya pahala yang dapat umat islam peroleh melainkan juga berbagai manfaat serta keberkahan bagi diri kita, diantaranya:

1. Dihargai dan dihormati 

2. Menciptakan rasa syukur atas apa yang telah dimiliki

3. Mengurangi stress

4. Menciptakan kebahagiaan bagi diri sendiri dan orang disekitar 

5. Meningkatkan kesadaran untuk peduli terhadap sesama

5. Menciptakan persaudaraan terhadap sesama

6. Menebarkan kebaikan

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Bantulah aku untuk menolong orang-orang yang lemah (dhuafa), karena sesungguhnya engkau diberi rezeki dan memperoleh kemenangan (kesuksesan) karena mereka.” (HR. Ash-habus).

Berbagi kepada sesama dapat dilakukan kapan dan di mana saja bahkan dapat dimulai hanya dengan nominal Rp.10,000 di Pedooli.id yang tentunya mudah, terpercaya dan transparan pada link berikut ini https://pedooli.id/campaign 

Semoga Sahabat Pedooli menjadi Hamba Allah yang senantiasa selalu menebarkan kebaikan kepada sesama salah satunya melalui kegiatan berbagi, Insya Allah niat baik yang diberikan menjadi keberkahan bagi kita semua. Aamiin ya rabbal alamin.


Bagikan