preloader
Ini Hikmah Membayar Zakat Fitrah!

12 Apr

Ini Hikmah Membayar Zakat Fitrah!

Dalam Bulan Ramadhan selain puasa, yang menjadi kewajiban adalah Zakat Fitrah. Zakat fitrah sendiri bermakna zakat badan atau tubuh. Zakat ini dilaksanakan setiap menjelang Idul Fitri sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa dari jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Zakat ini dilaksanakan bersamaan dengan diwajibkannya puasa bulan Ramadhan, yaitu dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Lantas alasan Zakat Fitrah menjadi kewajiban bisa dilihat dari dua sisi yaitu sisi orang yang menunaikan dan sisi pihak yang diberi. Bagi orang yang menunaikannya, Zakat Fitrah bisa sebagai pembersih orang yang berpuasa dari amalan yang sia-sia selama bulan Ramadhan. Bagi penerimanya, yaitu orang yang kurang mampu tentu bisa melonggarkan beban hidupnya.


"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah dengan satu sha' kurma atau satu sha' gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat 'ied." (HR. Bukhari dan Muslim).


Sebagai seorang muslim, membayar zakat merupakan salah satu rukun Islam yang perlu dipenuhi untuk menyempurnakan ibadah yang dilakukan. Salah satu jenis zakat tersebut yakni zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan hingga menjelang shalat Idul Fitri. Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 07 Tahun 2023 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah, ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sejumlah Rp. 45.000,-/hari/jiwa. 


Visualisasi zakat fitrah

Sumber: Freepik


Adapun hikmah membayar Zakat Fitrah, di antaranya adalah:

  • Menyempurnakan Iman

  • Membersihkan Harta

  • Menghapus Dosa

  • Mempererat Persaudaraan

  • Melatih Kerendahan Hati

  • Meningkatkan Rezeki


Dalam upaya untuk selalu menjadi jembatan kebaikan, www.pedooli.id tahun ini bekerja sama dengan Yayasan Amanah Muhsinin Peduli Umat (YAMPU), menciptakan program “Celengan Zakat untuk Lansia di Pelosok Tasikmalaya”. Tahun 2022 Yayasan Amanah Muhsinin Peduli Umat bekerjasama dengan Pedooli.id menjalankan program penyaluran zakat untuk lansia dhuafa di daerah pelosok Tasikmalaya, dan insyaAllah tahun 2023 kembali bersama Pedooli.id bisa menyalurkan zakat fitrah kepada 200 lansia dhuafa di daerah pelosok Tasikmalaya melalui program Celengan Zakat untuk Lansia di Pelosok Tasikmalaya.


Dokumentasi Zakat Fitrah untuk Lansia 2022

Sumber: Dokumentasi-YAMPU


Mengapa Membayar Zakat Fitrah di Pedooli Lebih Baik?

  1. Sesuai dengan ketentuan syariat islam.

  2. Dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

  3. Amanah dan transparan terkait dengan penghimpunan hingga penyaluran zakat fitrah.

  4. Target penyaluran sesuai dengan target zakat fitrah dalam Islam.


Yuk penuhi kewajibanmu, yuk penuhi Celengan Zakat untuk Lansia di Pelosok Tasikmalaya untuk menyalurkan zakat fitrah kepada 200 lansia dhuafa di daerah pelosok Tasikmalaya, melalui https://pedooli.id/campaign/celengan-zakat-untuk-lansia-di-pelosok-tasikmalaya-vsbnptmu

Bagikan