preloader
Ini Dia Sosok Pahlawan dalam Memerangi Angka Kematian Ibu dan Anak!

02 Nov

Ini Dia Sosok Pahlawan dalam Memerangi Angka Kematian Ibu dan Anak!

Masih ingat dengan program Jasa Ibu? Jaminan Sosial Ibu Hamil (Jasa Ibu) adalah program yang ditujukan untuk para ibu pra-sejahtera yang menjalani masa kehamilan penuh keterbatasan. Program ini berangkat dari fakta bahwa angka kematian ibu di Indonesia masih sangat tinggi, dan beberapa penyebabnya adalah kurangnya gizi ibu saat hamil serta ketidakmampuan ibu mengakses layanan kesehatan. Melalui program Jasa Ibu, para ibu diberi kesempatan untuk mengakses program Pelayanan Kesehatan dan Edukasi Kesehatan secara gratis

Program Jasa Ibu ini merupakan salah satu bagian dati Program Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), RBC sendiri telah berdiri sejak tahun 2004, dinaungi oleh Yayasan Semai Sinergi Umat/Sinergi Foundation. Program Jasa Ibu yang ditayangkan di website Pedooli.id (https://pedooli.id/campaign/jaminan-sosial-ibu-hamil-2022-dushzcqb) berhasil menghimpun donasi sebesar Rp. 8,773,776 dari target awal Rp. 7,000,000 yang kemudian disalurkan oleh RBC untuk 5 layanan bersalin gratis.

Peyaluran donasi pada bulan Oktober telah diserap oleh pasien RBC dengan kriteria sebagai berikut:

  • Telah menjadi member RBC 

  • Bersalin secara normal di RBC 

  • Tidak memiliki komplikasi berat

Setelah mendapat layanan Program Jasa Ibu besutan dari Pedooli dan Sahabat Beramal Jariyah, pasien RBC selaku penerima manfaat merasakan kebahagiaan karena mendapatkan layanan bersalin tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. “Alhamdulillah. Terima kasih telah membantu proses kehamilan dan persalinan saya. Semoga program ini bisa terus berjalan dan membantu lebih banyak lagi orang yang membutuhkan”, ujar Nurhaeni salah satu penerima manfaat dari program Jasa Ibu.


Ibu Nurhaeni penerima manfaat Program Jasa Ibu

Sumber: Dokumentasi RBC

Menurut Nurhaeni program Jasa Ibu ini sangat membantu untuk ibu-ibu seperti dirinya, sempat merasakan kehamilan yang sulit namun terbantu dengan adanya program persalinan gratis. Dia tidak lagi khawatir memikirkan biaya untuk persalinan yang memiliki biaya tinggi. Nurhaeni sangat berterimakasih dan selalu berdoa agar ibu-ibu yang sempat mengalami kehamilan yang sulit seperti dirinya bisa terbantu juga dengan program Jasa Ibu ini.


Potret para penerima manfaat Program Jasa Ibu

Sumber: Dokumentasi RBC

Awalnya program ini diperuntukan hanya untuk paket 1 orang Ibu Hamil saja dimulai dari pra hingga pasca persalinan. Namun setelah melihat tingginya angka persalinan, kemudian program ini dialihkan untuk membiayai proses persalinan saja bagi 5 orang Ibu Hamil. Berikut penerima manfaat lainnya dari program Jasa Ibu:

  1. Pasangan Rina dan Dedi - Melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki, pada Kamis (20/10)

  2. Pasangan Yanti dan Iman - Melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki, pada Jum’at (21/10)

  3. Pasangan Nurhaeni dan Budi - Melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki, pada Sabtu (22/10)

  4. Pasangan Rina Setiana dan Rahmansyah - Melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki, pada Sabtu (22/10)

  5. Pasangan Eno dan Supriatnah - Melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan, pada Sabtu (22/10)

Terima kasih Sahabat Pedooli atas kebaikannya, dan selamat karena telah menjadi Pahlawan dalam peperangan melawan Angka Kematian Ibu dan Anak. Semoga dapat bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua.


Bagikan