preloader
Ini Dia Potret Before-After Gotong Royong Sediakan Karpet untuk Pesantren di Pelosok Pemalang!

26 Oct

Ini Dia Potret Before-After Gotong Royong Sediakan Karpet untuk Pesantren di Pelosok Pemalang!

Masih ingat kisah Pondok Pesantren Al-Karomah? Sebuah pesantren yang terletak di Pelosok Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, yang tak seperti banyak pesantren lainnya. Hal tersebut dikarenakan santri-santri Pondok Pesantren Al-Karomah kala melakukan aktivitas di pesantren hanya duduk tanpa beralaskan tikar/karpet. Meski begitu, kehidupan di pondok bisa dikatakan normal seperti biasanya karena mungkin para santri juga sadar karena tidak ada uang yang dibebankan kepada santri, semua fasilitas Pondok Pesantren benar-benar gratis.

“Kalau biasanya ruang aula santri diisi hingga 100 orang santri, kami para pengurus tidak tega melihat santri tidak beralaskan tikar/karpet. Untuk makan sehari-hari santri kita pun dari pengurus harus rela mengeluarkan dari uang pribadi itu pun cukup tidak cukup kami harus syukuri. Sepertinya sulit untuk membeli karpet jika bukan dari orang baik yang menyisihkan uangnya untuk fasilitasi santri Pondok Pesantren Al-Karomah.” ungkap Iwan salah satu Pengurus Pesantren pada Tim Pedooli (13/9).


Keadaan asrama sebelum memiliki karpet

Sumber: Dokumentasi PP Al-Karomah

Berdasarkan cerita di atas di mana karpet menjadi urgensi bagi Pondok Pesantren, akhirnya Pondok Pesantren Al-Karomah menemukan secercah harapan dengan mempercayakan penghimpunan donasi program “Gotong Royong Sediakan Karpet untuk Pesantren di Pelosok Pemalang” melalui platform digital Pedooli.id dalam penayangan campaign https://pedooli.id/campaign/gotong-royong-sediakan-karpet-untuk-pesantren-di-pelosok-pemalang-dpksmnbx. Sahabat Pedooli dalam campaign tersebut berhasil menghimpun donasi sebesar Rp 5,960,458 melebihi target di angka Rp. 5,000,000.

Kamis (20/10) adik-adik di Pondok Pesantren Al-Karomah sudah bisa belajar dengan nyaman dengan hadirnya karpet baru. Diungkapkan oleh Pengurus Pesantren Al-Karomah Iwan bahwa karpet ini sangat bermanfaat bagi banyak kegiatan, terutamanya adalah pelaksanaan ibadah dan proses belajar mengajar, serta pelaksanaan hari-hari besar keagamaan yang memungkinkan banyak masyarakat berdatangan ke Pondok Pesantren.

Keadaan asrama setelah memiliki karpet

Sumber: Dokumentasi PP Al-Karomah

Dengan bergulirnya dana tersebut Pengurus Pondok Pesantren berharap dapat mendorong semua pihak atau warga untuk mengoptimalkan kegiatan Pondok Pesantren Al-Karomah, tak hanya itu Pengurus Pondok juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur. “Kami selaku pengurus Pondok Pesantren Al-Karomah mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan dan kebaikan dari donatur Pedooli.id yang membantu terlaksananya  pelaksanaan kegiatan Gotong Royong Menyediakan Karpet Asrama Pondok Pesantren Al-Karomah”

Uluran tangan Sahabat Pedooli dalam program Gotong Royong Sediakan Karpet untuk Pesantren di Pelosok Pemalang ini sangat berarti bagi adik-adik di Pondok Pesantren Al-Karomah yang memiliki semangat tinggi untuk menimba ilmu, semangat menimba ilmu ini juga merupakan salah satu bentuk jihad di jalan Allah.

"Barangsiapa yang membantu perlengkapan orang yang berjihad di jalan Allah maka sungguh dia juga telah ikut berjihad, dan barangsiapa yang membantu keluarga seorang yang berjihad di jalan Allah dengan suatu kebaikan maka dia juga telah ikut berjihad.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu anhu]

Bagikan