preloader
HUT ke-77 RI, Momentum Amalkan Makna dan Filosofi Slogan Hari Kemerdekaan

17 Aug

HUT ke-77 RI, Momentum Amalkan Makna dan Filosofi Slogan Hari Kemerdekaan

17 Agustus 1945 tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia dibacakan. Hari ini 17 Agustus 2022, tepat 77 tahun Indonesia menyatakan kemerdekaannya, bukan waktu yang singkat untuk berada di titik ini, banyak perjuangan yang telah dilalui, merealisasikan makna kemerdekaan itu sendiri adalah bentuk perjuangan dari perwujudan jiwa nasionalisme dalam merayakan Kemerdekaan Indonesia.

Melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 12 Juli 2022, dimuat Tema, Logo dan ajakan partisipasi seluruh pihak untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Logo resmi tersebut secara sah dijadikan identitas HUT RI ke-77.

Melansir lldikti8.ristekdikti.go.id berikut makna filosofis yang terkandung dalam Logo HUT RI ke-77:

  1. Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Pergerakan)

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

  1. Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan)

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

  1. Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan)

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

  1. Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Juang dan Garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

  1. Dua Garis Melengkung (Sinergi dan Harapan)

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

  1. Sudut Penghubung (Penghubung antar Bangsa)

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

  1. Siluet Angka 1 (Persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Dalam logo resmi Peringatan 17 Agustus 2022 juga tertulis tema besar HUT Kemerdekaan RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”. Logo resmi 17 Agustus 2022 dan tema HUT Kemerdekaan ke-77 RI secara visual tergabung menjadi slogan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Melansir dari lldikti8.ristekdikti.go.id gambaran besar identitas visual Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 berdasarkan tema besar yang diangkat, adalah sebagai berikut:

  1. Semangat Bangkit

  2. Bersinergi

  3. Harapan Baik

  4. Pulih Bersama

  5. Kuat

  6. Persatuan Bangsa

  7. Percepatan

Makna dan filosofis slogan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 dapat kita realisasikan bersama, dengan penuh semangat semangat bersatu dan bersinergi menebarkan harapan baik kepada sesama salah satunya melalui kegiatan berbagi, Insya Allah niat baik yang diberikan menjadi keberkahan bagi kita semua. Berbagi kepada sesama dapat dilakukan kapan dan di mana saja bahkan dapat dimulai hanya dengan nominal Rp.10,000 di Pedooli.id yang tentunya mudah, terpercaya dan transparan pada link berikut ini https://pedooli.id/campaign.

Pedooli selalu siap menjadi wadah terbaik untuk menyalurkan setiap kePedoolian. Berbagi kepada sesama, mewujudkan Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Untuk Aku, Kamu, dan Kita Semua.


Bagikan