preloader
Hari Lahir Pancasila, Momentum Amalkan Nilai Pancasila yang Satu Ini!

01 Jun

Hari Lahir Pancasila, Momentum Amalkan Nilai Pancasila yang Satu Ini!

1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan sebagai hari libur nasional. Lahirnya Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan dalam sidang BPUPKI oleh Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato tersebut konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pancasila sendiri adalah pilar ideologis negara Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata yang berasal dari Sanskerta: पञ्च "pañca" berarti lima dan शीला "śīla" berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Melansir dari SINDONEWS.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Peringatan Haril Lahir Pancasila Tahun 2021, tepatnya setahun lalu di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila. “Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara,” tegasnya.

Pancasila sebagai pedoman hidup dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara memiliki nilai-nilai di antaranya adalah:

  • Nilai Ketuhanan

  • Nilai Kemanusiaan

  • Nilai Persatuan

  • Nilai Kerakyatan

  • Nilai Keadilan

Salah satu nilai pancasila yang bisa dimulai dari hal kecil adalah nilai kemanusiaan, dengan selalu menebarkan kebaikan kepada sesama salah satunya melalui kegiatan berbagi, Insya Allah niat baik yang diberikan menjadi keberkahan bagi kita semua. Berbagi kepada sesama dapat dilakukan kapan dan di mana saja bahkan dapat dimulai hanya dengan nominal Rp.10,000 di Pedooli.id yang tentunya mudah, terpercaya dan transparan pada link berikut ini https://pedooli.id/campaign

Pedooli selalu siap menjadi wadah terbaik untuk menyalurkan setiap kePedoolian. Berbagi kepada sesama, mewujudkan perubahan yang bermakna, Untuk Aku, Kamu, dan Kita Semua.


Bagikan