preloader
Hari Gizi Nasional 2023, Momentum Peduli Kebutuhan Pangan Santri Tahfidz Tasnim

25 Jan

Hari Gizi Nasional 2023, Momentum Peduli Kebutuhan Pangan Santri Tahfidz Tasnim

Melansir laman kemkes.go.id, Hari Gizi Nasional (HGN) dilaksanakan untuk memperingati awal mula proses kaderisasi tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tanggal 25 Januari 1951, namun sebenarnya upaya perbaikan gizi masyarakat telah dimulai sejak tahun 1950, yaitu saat Menteri Kesehatan Dokter J Leimena Bapak Gizi Indonesia mengangkat Poorwo Soedarmo sebagai kepala LMR, dan kemudian Poorwo Soedarmo dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.


Visualisasi gizi

Sumber: Freepik

Melansir herminahospitals.com agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis atau penyakit tidak menular terkait gizi, maka pola makan masyarakat perlu ditingkatkan ke arah konsumsi gizi seimbang.Keadaan gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat. Pemenuhan gizi seimbang sebaiknya dimulai sejak dini, ,melansir jendela.kemdikbud.go.id kandungan makanan dengan gizi seimbang menjamin terpenuhinya kebutuhan tubuh anak dalam berkarya dan beraktivitas. Anak sekolah mengalami pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental, dan emosional yang sangat cepat. Makanan yang mengandung unsur gizi sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembang.

Namun, tak semua dari kita dapat merasakan bahagianya makan dengan menu yang lengkap dan bergizi. Banyak orang di sekitar kita hanya dapat mengolah menu seadanya karena keterbatasan bahan pangan yang dimiliki. Begitu pula dengan para santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Tasnim yang saat ini menghadapi keterbatasan dalam hal makanan sehari-hari. 

Pedooli dan Aminul Ummah memiliki program sedekah bahan pangan untuk Pesantren-Pesantren, dan sasaran kali ini tertuju kepada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Tasnim, bertajuk “Peduli Kebutuhan Pangan Santri Tahfidz Tasnim”. Program ini merupakan Pesantren ketiga, setelah sebelumnya telah menyalurkan manfaat “Sedekah Bahan Pangan di Pesantren Tzkiyatunnufus” pada Rabu 31 Agustus 2022 dan “Patungan Penuhi Kebutuhan Gizi Para Santri Ahsanu ‘Amala” pada Oktober, November, Desember 2022, yang di mana kedua program tersebut juga dipercayakan oleh Aminul Ummah untuk tayang di www.pedooli.id.


Proses penyaluran manfaat bahan pangan di Pesantren Tazkiyatunnufus

Sumber: Dokumentasi Pedooli.id


Penyaluran bahan pangan kepada Pesantren Ahsanu ‘Amala

Sumber: Dokumentasi Pedooli.id

Tepat pada hari ini, Hari Gizi Nasional 2023 eloknya menjadi momentum kita dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen bersama-sama untuk membangun gizi seimbang khususnya bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Wujudkan momentum tersebut bersama Pedooli dan Aminul Ummah dalam Program “Peduli Kebutuhan Pangan Santri Tahfidz Tasnim” melalui https://pedooli.id/campaign/peduli-kebutuhan-pangan-santri-tahfidz-tasnim-wejrkspn 

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan." (HR. Thabrani).

Bagikan