preloader
Berbagi makanan selama Bulan Ramadhan

13 Apr

Berbagi makanan selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan bagi umat muslim. Hal tersebut sesuai dengan salah satu hadist Rasulullah SAW yang bersabda

عَنْ سَلْمَانَ الْفَارِسِيَّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: خَطَبَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي آخِرِ يَوْمٍ مِنْ شَعْبَانَ فَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ أَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيمٌ، شَهْرٌ مُبَارَكٌ

Artinya: (Diriwayatkan) dari Salman Al-Farisi ra, ia berkata : Rasulullah saw telah menyampaikan khutbah kepada kami : Wahai manusia telah menaungi di atas kalian bulan yang agung, bulan yang penuh dengan keberkahan.

Di bulan yang penuh keberkahan ini menjadi ajang bagi umat islam untuk berlomba-lomba meraih keberkahan tersebut, salah satunya yakni dengan berbagi makanan. Terdapat beberapa keutamaan yang dapat diperoleh Umat Muslim dengan berbagi makanan selama Bulan Ramadhan, diantaranya :

1.       Memperoleh Pahala

2.       Memperoleh jalan menuju Surga

3.       Mengantar seseorang menuju Ridho Allah SWT

4.       Memperoleh Keberkahan Harta

Keutamaan ibadah dengan berbagi makanan bagi orang-orang yang kelaparan juga dibahas dalam surah Al-Balad ayat 10-14 yakni “Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan (kebajikan dan kejahatan). Tetapi dia tidak menempuh jalan yang mendaki dan sukar. Dan tahukah kamu apakah jalan yang mendaki dan sukar itu? (Yaitu) melepaskan perbudakan (hamba sahaya), atau memberi makanan pada hari terjadi kelaparan" (QS al-Balad : 10-14). Berdasarkan ayat tersebut, Allah SWT memberi tahu bahwa memberi makan bagi orang yang kelaparan saat puasa merupakan amalan yang akan membantu mengantarkan umat muslim menuju pintu surga. 


Bagikan