preloader
Bagaimana Cara Memaknai Hari Raya Idul Adha? Ini Jawabannya!

13 Jul

Bagaimana Cara Memaknai Hari Raya Idul Adha? Ini Jawabannya!

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli kemarin. Seperti yang Kamu sudah ketahui, Idul Adha adalah sebuah hari raya umat Islam, di mana pada hari ini diperingati peristiwa kurban. Hari raya ini memiliki sejarah di dalamnya yang setiap tahun terus diperingati, yaitu ketika Nabi Ibrahim A.S., yang bersedia mengorbankan putranya untuk Allah SWT, kemudian pengorbanan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Tidak hanya sekedar perayaan kurban, namun Hari Raya Idul Adha diperingati sebagai lebaran haji jika diistilahkan di Indonesia. Sebab perayaan ini bersamaan dengan ibadah haji yang dijalan oleh seluruh umat Islam dunia di Mekkah. Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim.

Dengan memperingati Hari Raya Idul Adha ini, Kamu juga dapat belajar untuk lebih peka terhadap lingkungan dengan memperhatikan orang lain yang ekonominya kurang. serta menjauhi dari sifat kikir dan tamak. Hal ini sangat penting karena kurban memberikan arti bahwa Kamu sebagai manusia, wajib untuk membantu sesama.


1. Taqwa kepada Allah SWT

Kurban menjadi salah satu perintah yang jelas tertera di dalam kitab suci Al-Qur’an dan dapat menjadi suatu amalan yang baik dan wajib dijalankan bagi Umat Islam jika mampu. Oleh karena itu, ibadah berkurban bermaksud untuk mengajak para Umat Islam agar menjalankan perintah-Nya guna meningkatkan keimanan serta menghindarkan diri dari nafsu dunia yang membelenggu jiwa Kamu.

2. Bercermin Atas Rezeki Yang Kamu Miliki 

Selain untuk meningkatkan ketakwaan, dengan menyedekahkan rezeki yang Kamu miliki untuk berkurban tentu akan jauh lebih bermanfaat dan bisa menjadi contoh penting bagi umat muslim yang lainnya, terlebih untuk kaum golongan atas (mampu) wajib hukumnya untuk melaksanakan ibadah ini. Sudahkah Kamu bercermin dan melihat kembali bagaimana Kamu mendapatkan rezeki selama ini? Kemana rezeki yang Kamu dapatkan saat ini, Kamu gunakan dan Kamu keluarkan? Apakah untuk mendatangkan manfaat, atau justru mendatangkan mudharat?

3. Pahala Yang Berkah

Berkurban menjadi salah satu aktivitas yang mengajak Kamu untuk mendapatkan imbalan berupa pahala di dalamnya. Untuk itu, di saat Hari Raya Idul Adha yang datang setiap tahunnya, menjadi kesempatan emas untuk terus melatih diri Kamu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan taat beragama.

4. Sikap Penuh Pengorbanan, Untuk Umat Islam

Pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim diingatkan kembali bahwa untuk mencapai segala hal yang diimpikan, maka pengorbanan wajib dilakukan. Sama halnya dengan kisah Nabi Ibrahim yang menjadi simbol penting perayaan Idul Adha, yang rela mengorbankan putranya untuk Allah Swt., kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan hewan kurban.

Pengorbanan yang Kamu lakukan selama ini, Insya Allah tidak akan sia-sia, asalkan Kamu ikhlas dan ridho. Rezeki yang Kamu miliki, ada hak orang lain yang merasa terbantu dengan kehadiranmu.

Karena itu, Pedooli.id bersama Baitul Wakaf dan Yayasan Al-Amanah, telah siap menyalurkan pengorbananmu donasi hewan kurban yang akan dikirimkan kepada saudara-saudara kira yang membutuhkan di pelosok Indonesia. Hewan kurban yang dipilih, adalah hewan kurban dengan kualitas terbaik. Insya Allah, Kami akan menjalankan amanah yang luar biasa ini.  Melalui pundi-pundi donasi yang dikumpulkan oleh Sahabat Pedooli melalui campaign: 

Semoga pengorbananmu dengan berbagi kepada sesama, di Hari Raya Idul Adha tahun ini, menjadi pengorbanan terbaik di hidup Kamu. Aamiin yaa Rabbal ‘Alamin.


Bagikan