preloader
5 Faktor Penyebab Banjir yang Harus Kamu Tahu!

16 Mar

5 Faktor Penyebab Banjir yang Harus Kamu Tahu!

Banjir adalah salah bencana alam yang disebabkan oleh berbagai faktor, selain itu banjir juga bisa dikatakan sebagai aliran air yang tidak dapat lagi tertampung oleh sungai, aliran air, dan saluran irigasi yang lainnya.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan banjir adalah sebagai berikut:

  1. Bendungan Tidak Berfungsi

Bendungan atau Empangan merupakan istilah pinjaman Inggris dam, yaitu konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Namun, salah satu faktor terjadinya banjir adalah tidak berfungsinya dengan baik bendungan karena kurangnya perawatan yang dilakukan. Melakukan pembangun infrastruktur baru adalah suatu inovasi yang baik, namun jangan sampai melupakan perawatan dan memperhatikan infrastruktur yang lama. Karena walaupun dibangun sedemikian baiknya, namun pemakaian dalam waktu jangka panjang juga perlu diikuti perawatan, agar ke depannya infastruktur dapat berfungsi dengan baik.

  1. Membuang Sampah Sembarangan

Tidak hanya menyebabkan lingkungan menjadi kotor, membuang sampah sembarangan dapat merusak aliran sungai, yang akhirnya memicu banjir. Ketika sampah-sampah tersangkut, aliran sungai akan berhenti dan volumenya akan makin membesar.

Hal ini merupakan kebiasaan yang masih sangat sulit dihilangkan. Sampah sekecil apapun, justru akan menjadi dampak bencana alam yang lebih besar.

  1. Salah Sistem Kelola Tata Ruang

Selanjutnya, banjir juga dapat disebabkan oleh kesalahan pada sistem kelola  tata ruang di daerah perkotaan. Hal tersebut dikarenakan air akan sulit menyerap ke dalam tanah dan menyebabkan aliran air menjadi lambat. Sementara pada musim penghujan, air yang datang ke daerah tersebut akan lebih banyak jumlahnya dari biasanya sehingga dapat cepat menyebabkan banjir.

  1. Kiriman Air

Perbedaan antara dataran tinggi dan dataran rendah turut menjadi salah satu faktor penyebab banjir, dibuktikan beberapa daerah ibukota mendapat kiriman air banjir yang berasal dari pegunungan atau daerah yang lebih tinggi. Limpahan air ini yang akhirnya juga membuat dataran rendah rentan banjir. Air mengalir dari tempat tinggi ke rendah, sehingga bukan rahasia umum lagi daerah dengan kontur rendah lebih mudah terjadi banjir yang lebih besar.

  1. Curah Hujan Tinggi

Jika hujan lebat terjadi telah berlarut-larut dalam waktu yang lama akan sangat berpotensi terjadi banjir. Tingginya curah hujan yang terjadi, berdampak pada meningkatnya volume air di daratan. Bila air tidak bisa terserap dengan sempurna oleh tanah atau dialirkan ke sungai, kondisi tersebut juga menjadi salah satu faktor penyebab banjir.

Hal tersebut dibuktikan akibat tingginya intensitas hujan beberapa pekan terakhir, pada Selasa, 1 Maret 2022 Kota Serang, Banten mengalami banjir. Banjir yang terjadi secara cepat ini sangat mengejutkan masyarakat, hingga di antara mereka tak sempat menyelamatkan barang-barang.

Saat kejadian terjadi, tim respon DMC Dompet Dhuafa gerak cepat menuju lokasi untuk membantu masyarakat, dari evakuasi, membuka pos hangat, memberikan bantuan berupa makanan hingga pakaian layak pakai. 

Hingga saat ini masih banyak kebutuhan korban banjir Serang yang belum tercukupi. Anda bisa ikut untuk mengulurkan bantuan dengan bersedekah di https://pedooli.id/campaign/bantu-korban-bencana-banjir-serang-banten-fungmcdw dengan sangat mudah karena bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

Dalam agama islam juga diajarkan untuk saling menolong, seperti yang terkandung dalam hadis:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ الدُّنْياَ نَفْسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيهِ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ

Artinya: "Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari satu kesusahan dunia, Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan di hari kiamat. Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya." (HR. Muslim).

Bagikan